Rangking Kampus Indonesia Kalah Dibanding Malaysia, Philipina dan Thailand, Kenapa?
alphacoders.com

Rangking Kampus Indonesia Kalah Dibanding Malaysia, Philipina dan Thailand, Kenapa?

Lembaga pemeringkatan universitas dunia The Times Higher Education (THE) menerbitkan THE Asia University Rankings 2021 melalui laman website https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/2021/regional-ranking pada Rabu, 2 Juni 2021.

Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat teratas sebagai universitas terbaik di Indonesia, peringkat 15 di Asia Tenggara dan peringkat 194 di Asia. Menurut catatan Republika.com, peringkat UI kampus terbaik di Indonesia turun di peringkat 162 jika dibanding tahun 2020.

Trending :  4 Tips Cara Menemukan Universitas Online Terbaik untuk Kamu

Kampus Indonesia berada di posisi kedua dan kelima cukup jauh. Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), misalnya, terletak antara peringkat 301 hingga 400. Prestasi kampus-kampus di Indonesia jauh tertinggal dari kampus-kampus di negara tetangga.

Trending :  Inilah 10 SMK Terbaik di Indonesia yang Bisa Dijadikan Referensi untuk Daftar Sekolah

Dibanding dengan Singapura, Indonesia bukan apa-apa. Singapura memiliki dua kampus terbaiknya di lima besar, yaitu National University of Singapore di posisi ketiga dan Nanyang Technological University di posisi kelima.

Malaysia juga berada di atas Indonesia. Ada delapan kampus Malaysia yang posisinya berada di atas Universitas Indonesia. University of Malaya berada di puncak kampus terbaik di Malaysia dan kampus terbaik ke-49 di Asia. Serta peringkat 163 diraih Universiti Sains Malaysia yang merupakan kampus kedelapan dimana posisinya lebih baik dari Indonesia.

Trending :  Inilah 10 SMA Terbaik di Indonesia yang Bisa Dijadikan Referensi untuk Daftar Sekolah

Bahkan, universitas milik Pemerintah Brunei Darussalam yaitu Universiti Brunei Darussalam berada di peringkat ke-60. Filipina juga memberikan kontribusi kampus dalam posisi yang lebih baik dari Indonesia, yang mana University of the Philippines berada di peringkat 84.

Thailand menempatkan ketiga kampus tersebut pada posisi yang lebih baik dari Indonesia. Universitas Mahidol berada di peringkat 130, Universitas Mae Fah Luang berada di peringkat 187 dan Universitas Chulalongkorn berada di peringkat 194 atau memiliki skor yang sama dengan UI.

Trending :  10 SLTA Terbaik di Jawa Tengah yang Bisa Dijadikan Referensi untuk Daftar Sekolah

Dalam menentukan peringkat universitas, THE melihat data yang terdiri dari 551 universitas dari 30 negara. THE World University Rankings adalah satu-satunya bagan kinerja global yang memberi peringkat universitas riset-intensif berdasarkan semua misi inti perguruan tinggi.

Penilaian terdiri dari pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan dan perspektif internasional untuk memberikan perbandingan yang sangat komprehensif dan seimbang. THE Asia University Rankings 2021 menggunakan 13 indikator kinerja yang tidak berdeda dengan THE World University Rankings, yang dipercaya oleh pimpinan universitas, mahasiswa, akademisi, industri, dan pemerintah.

Trending :  10 SLTA Terbaik di Jawa Barat yang Bisa Dijadikan Referensi untuk Daftar Sekolah

Indikator kinerja kampus dibagi menjadi 5 bidang, diantaranya Teaching (the learning environment); Citations (research influence); International outlook (staff, students, and research); Industry Income (knowledge transfer); dan Research (volume, income and reputation). Pada indikator Pendapatan Industri (Industry Income), UI mendapat nilai tertinggi dari empat indikator lainnya.

Trending :  30+ Link Twibbon Hari Guru Nasional 2021, Apresiasi Perjuangan Guru