Ingat 4 Filter Penting ini Agar Mobil Anda Tidak Mudah Rusak dan Bisa Cegah Boros Bahan Bakar
kompas.com

Ingat 4 Filter Penting ini Agar Mobil Anda Tidak Mudah Rusak dan Bisa Cegah Boros Bahan Bakar

Usai libur Lebaran, AutoFamily bisa melanjutkan aktivitas sehari-hari seperti bekerja. Namun jangan lupa untuk mengecek keempat filter tersebut sebagai komponen mobil yang memiliki fungsi penting.

Dalam hal ini disebut filter, tugasnya menyaring udara atau cairan yang melewatinya dari bahan asing seperti debu yang dapat menghambat kinerjanya. Berikut 4 filter penting di dalam mobil:

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Mobil MPV Terbaik, Referensi Saat Membeli Mobil Keluarga

Filter Oli

Filter oli memiliki tugas yang paling sulit dan paling penting, karena berkaitan langsung dengan pengoperasian mesin. Filter oli bertanggung jawab untuk memastikan oli mesin selalu bersih dari segala kotoran seperti jelaga, debu logam, air, atau benda asing lainnya. Jika tidak, proses pelumasan mesin tidak akan berjalan dengan baik dan bahkan dapat merusak bagian-bagian mesin yang bergerak.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan Online Tanpa Harus ke Samsat

Filter oli yang tersumbat memperburuk kinerjanya dan mengganggu sirkulasi oli. Untuk itu, filter oli harus diganti dengan jadwal servis rutin, setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, agar filter oli berfungsi dengan baik untuk melindungi mesin.

Filter Udara Air

Filter ini bertugas menyaring partikel asing seperti debu agar tidak masuk ke sistem injeksi dan ruang bakar mesin. Penggunaan filter udara yang kotor terus menerus akan berdampak buruk karena dapat menurunkan tenaga mesin dan bahkan pemborosan konsumsi bahan bakar. Dalam jangka panjang, dapat merusak komponen dan mengurangi umur mesin.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Harga, Spesifikasi dan Review Mitsubishi Pajero Sport 2021

Untuk mesin bensin disarankan untuk mengganti filter udara setiap 40.000 km atau 2 tahun sekali, sedangkan solar wajib setiap 30.000 km atau 1,5 tahun atau sesuai dengan manual service berkala. Ada mobil yang membutuhkan penggantian filter udara lebih cepat, seperti mobil yang sering digunakan di area proyek.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  10 Model Mobil Terlaris Tahun 2021 di Indonesia dan Dunia yang Bisa Jadi Pilihan Keluarga Kamu

Filter Bahan Bakar

Berfungsi untuk menyaring kotoran pada bahan bakar agar tidak terbawa ke saluran bahan bakar karena dapat menyumbat komponen di dalamnya. Jika terjadi penyumbatan, kendaraan akan tersendat saat melaju dengan kecepatan tinggi karena aliran bahan bakar tidak lancar. Dalam jangka panjang dapat merusak komponen mesin seperti injector yang sangat tipis dan sensitif.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Harga Toyota Avanza & Veloz 2022 Resmi di Indonesia

Tak kalah penting, filter bahan bakar juga menyaring air yang terkandung dalam bahan bakar, karena berpotensi menimbulkan karat pada komponen mesin. Disarankan untuk mengganti filter bahan bakar setiap 80.000 km atau 4 tahun.

Filter AC

Jika filter AC kotor maka otomatis udara yang dihembuskan ke kabin juga kurang baik dan sudah pasti tidak sehat karena AC terhubung dengan sistem sirkulasi tertutup. Udara yang dihembuskan oleh AC berasal dari udara yang dihembuskan tadi. Ini berlanjut selama AC menyala.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Mobil Toyota Terbaru 2021 : Spesifikasi dan Harga Toyota Raize

Debu, jamur, dan residu lainnya dapat dengan mudah menumpuk di filter dan menyebabkan masalah kesehatan. Selain itu, kotoran akan menempel pada evaporator dan menghambat proses pendinginan udara. Selain tidak cukup dingin, udara menjadi berbau busuk dan berisiko merusak evaporator. Disarankan untuk mengganti filter AC selama servis berkala atau setiap 10.000km atau 6 bulan sesuai dengan manual servis berkala.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Mobil MPV Terbaik, Referensi Saat Membeli Mobil Keluarga

Filter Mobil di Auto2000 Digiroom

Auto2000 Digiroom memudahkan pembelian filter oli, udara dan bahan bakar dengan diskon untuk pembelian 3 item ini.

Misalnya, filter bensin Avanza dan Rush, awalnya Rp 305.000, menjadi Rp 277.273 setelah diskon. itu terjadi. Syarat dan ketentuan berlaku, temukan kebutuhan filter dan komponen kendaraan lainnya di menu Aksesoris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.