7 Manfaat Minyak Urang Aring yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membeli
merdeka.com

7 Manfaat Minyak Urang Aring yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membeli

Minyak urang-aring sering ditemukan sebagai bahan utama berbagai merek sampo. Padahal, minyak ini memang sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu. Minyak penghasil urang sendiri berasal dari tanaman penghasil urang atau disebut juga Eclipta Alba. Jenis tanaman ini tumbuh di alam bebas dan banyak dijumpai di persawahan.

Trending :  6 Jenis Olahraga yang Membantumu Tidur Lebih Berkualitas

Meski ada yang menyebutnya sebagai tanaman pengganggu, urang-aring memiliki banyak manfaat. Salah satu bagian urang-aring yang dapat dimanfaatkan adalah daunnya karena dipercaya memiliki khasiat untuk rambut.

Tak heran jika daun dengan urang sudah lama diolah menjadi minyak dan banyak digunakan sebagai bahan pembuatan shampo. Namun dalam pengobatan di India atau Ayurveda, urang aring dipercaya memiliki khasiat untuk awet muda.

Trending :  Persiapan Pra-kehamilan dan Makanan untuk Mempercepat Hamil yang Perlu Anda Coba

Lantas, apa saja manfaat urang khususnya untuk rambut? Berikut informasi lengkap dilansir dari laman Halodoc dan berbagai sumber:

Mencegah Rambut Rontok

Melansir dari laman Halodoc, disebutkan bahwa minyak urang-aring dapat membantu pertumbuhan rambut dan juga mencegah kerontokan rambut. Ini karena minyak ini dapat meningkatkan folikel rambut lebih efektif daripada menggunakan obat anti-penumpahan.

Trending :  Gigi Kamu Lepas Sendiri? Inilah Sebab dan Cara Menanganinya

Dalam minyak urang-aring memiliki kandungan vitamin E yang dikenal sebagai molekul antioksidan yang melawan radikal bebas dan dapat menghambat pertumbuhan rambut rontok. Menggunakan minyak ini secara teratur dapat membantu menjaga kekuatan rambut.

Mencegah Ketombe

Minyak urang-aring konon bisa membantu mengatasi masalah ketombe. Hal ini karena sifat antimikroba dan antijamur yang terdapat pada urang-aring. Selain itu, minyak ini bersifat anti inflamasi yang dapat meredakan iritasi kulit kepala dan melancarkan peredaran darah di area kulit kepala.

Trending :  Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri Sesuai Rekomendasi WHO

Membuat Rambut Lebih Berkilau

Selain itu, manfaat urang-aring selanjutnya adalah dapat membuat rambut menjadi hitam, berkilau dan lebat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencari sampo yang mengandung minyak urang-aring saat memilih sampo.

Mencegah Munculnya Uban dan Peradangan Kulit

Manfaat minyak urang selanjutnya adalah mencegah munculnya uban. Ini mungkin karena minyak yang mengandung urang berpotensi memperlambat atau mencegah pertumbuhan uban. Hal ini juga karena efek urang yang dapat menggelapkan rambut.

Trending :  Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri Sesuai Rekomendasi WHO

Membantu Menumbuhkan Rambut Anak

Selain untuk orang dewasa, urang-aring juga dapat membantu pertumbuhan rambut pada anak-anak. Beberapa bayi dengan rambut yang sulit tumbuh dapat memanfaatkan minyak ini. Minyak urang dapat membantu menjaga dan mempercepat pertumbuhan rambut pada anak kecil.

Pikiran yang Menenangkan

Kandungan magnesium dalam minyak urang dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur serta meningkatkan mood. Tidak hanya itu, magnesium juga dapat mengatasi dan mencegah sakit kepala dan migrain yang mengganggu.

Trending :  6 Jenis Olahraga yang Membantumu Tidur Lebih Berkualitas

Media untuk Menyesuaikan Gaya Rambut

Manfaat terakhir minyak urang adalah dapat digunakan sebagai media menata rambut agar terlihat lebih rapi. Anda bisa menggunakan minyak ini untuk menata rambut saat bepergian.

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Urang-Aring?

Cara menggunakan minyak urang pada rambut adalah dengan mengoleskannya langsung ke kulit dengan cara dipijat lembut. Jika rambut Anda berminyak, Anda bisa langsung mencucinya dengan sampo setelah dipijat.

Trending :  Persiapan Pra-kehamilan dan Makanan untuk Mempercepat Hamil yang Perlu Anda Coba

Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh minyak urang-aring dan 2 sendok teh minyak kelapa untuk merawat uban. Kemudian oleskan ke rambut dan pijat. Biarkan selama satu jam, lalu bilas. Ulangi cara ini 2-3 kali seminggu.