Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Vivo V21 5G
gsmarena.com

Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Vivo V21 5G

Vivo V21 5G diperkenalkan oleh Vivo Indonesia sejak lama sebelum resmi diluncurkan pada 24 Mei 2021. Model terbaru Vivo V Series, model ini tampil gagah dengan keunggulannya di industri kamera.

Vivo V21 juga akan menjadi ponsel dengan dukungan jaringan 5G terbaru di Indonesia berkat dukungan chipset Mediatek Dimensity 800U 5G. Jaringan 5G di Indonesia ini diperkirakan akan segera berkembang.


Harga Vivo V21 5G

Soal harga, Vivo Indonesia telah resmi mematok harga HP Vivo V21 di harga Rp 5.799.000. Bagi Kamu yang tertarik, Vivo V21 5G kini hanya tersedia di Tokopedia dan di situs resmi Vivo Indonesia.

Trending :  Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Spesifikasi dan Review Vivo V21 5G

Pengantar

Jika Kamu ingin membuat video TikTok atau Kamu mengenal seseorang, Kamu sudah tahu pentingnya format video selfie. Artinya, semakin banyak orang, terutama para anak muda, menginginkan ponsel yang lebih siap untuk foto selfie dan konten video selfie. Apalagi jika harganya lebih terjangkau.

Trending :  Harga dan Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G, Meluncur dengan Body Ramping

Cukup membingungkan, meskipun, beberapa perangkat, bahkan dari kelompok unggulan populer, benar-benar menawarkan banyak hal dalam hal peningkatan kamera selfie.

Masuk ke vivo V21 duo. Panggilan mereka untuk ketenaran tidak diragukan lagi adalah kamera selfie 44MP, f/2.0 dengan autofocus dan OIS. Itu bukan sesuatu yang Kamu lihat setiap hari. Tidak dengan tembakan panjang.

Cukup menarik untuk diperhatikan bahwa meskipun kami memiliki V21 5G untuk diulas, ini benar-benar identik dengan vanilla vivo V21 hingga chipset Dimensity 800U 5G. Kami kira, mereka baru saja melepas antena 5G untuk model 4G saja. Tetapi kami tidak akan mengeluh karena V21 reguler mendapatkan semua kelebihan dari saudara 5G-nya.

Trending :  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya
Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Vivo V21 5G
gsmarena.com

Spesifikasi  Vivo V21 / V21 5G:

Tubuh: 159.7×73.9×7.3mm, 176g; belakang plastik, bingkai plastik, kaca depan.

Layar: 6,44″ AMOLED, 90Hz, HDR10+, 500 nits (typ), resolusi 1080x2400px, rasio aspek 20:9, 409ppi.

Chipset: MediaTek MT6853 Dimensity 800U 5G (7 nm): Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55); Mali-G57 MC3.

Trending :  Link Download Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok : Tempo

Memori: 128GB RAM 8GB, 256GB RAM 8GB; UFS 2.2; microSDXC (menggunakan slot SIM bersama).

OS/Perangkat Lunak: Android 11, Funtouch 11.1.

Kamera belakang: Lebar (utama) : 64 MP, f/1.8, 26mm, 1/1.72″, 0.8µm, PDAF, OIS; Sudut ultra lebar : 8 MP, f/2.2, 120 derajat, 16mm, 1/4.0″ , 1,12µm; Makro : 2 MP, f/2.4.

Kamera depan: 44 MP, f/2.0, (lebar), AF, OIS.

Trending :  Tempo : Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok, ini Caranya

Pengambilan video: Kamera belakang : [email protected] (tanpa OIS), [email protected]/60fps; Kamera depan : [email protected] (tanpa OIS), [email protected]

Baterai: 4000mAh; Pengisian cepat 33W, 63% dalam 30 menit (diiklankan).

Lain-lain: Pembaca sidik jari (di bawah layar, optik); LED selfie.

Selain kamera selfie yang perkasa, duo V21 juga tidak berhemat pada lembar spesifikasi lainnya. Ini adalah ponsel yang sangat tipis, berukuran 159,7 x 73,9 x 7,3 mm dan beratnya mencapai 176 gram, sementara masih memiliki baterai 4.000 mAh yang terhormat.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Poco M3 Pro 5G

MediaTek Dimensity 800U level menengah, yang terdapat dalam intinya, dipasangkan dengan RAM 8GB. Kemudian pada bagian depan dan tengah, terdapat panel AMOLED 90Hz yang kuat dan halus, dengan dukungan HDR10+.

Pengaturan kamera di bagian belakang juga tidak terlalu lusuh, dengan kamera utama 64MP, ultrawide 8MP, dan makro 2MP.

Semua hal dipertimbangkan, apa yang kita miliki dengan V21 di atas kertas adalah midranger yang solid. Namun, MSRP-nya yang sedikit di atas EUR 300 membuat model 5G yang kami ulas di sini rentan terhadap banyak persaingan. Dan kompetisi ini seringkali dapat memberikan beberapa hal yang ditinggalkan vivo, seperti perlindungan masuk, pengaturan speaker stereo, jack 3.5mm dan NFC, untuk beberapa nama. Apa yang dimiliki V21, bagaimanapun, adalah fitur sorotan yang jelas dalam pengaturan kamera selfie-nya. Jadi, pertanyaan sebenarnya adalah seberapa baik pelaksanaannya dalam praktik dan apakah cukup baik untuk menarik kerumunan trendi pelanggan yang paham jaringan sosial.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global
Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Vivo V21 5G
gsmarena.com

Unboxing

V21 memiliki paket ritel yang sangat kaya. Ini mungkin tidak selalu terjadi pada setiap pasar, namun unit kami memiliki semua kebutuhan pokok di dalam kotak dan beberapa di antaranya.

Pada pengisi daya, vivo memiliki teknologi FlashCharge 2.0 sendiri . Pada V21 dan V21 5G, juga dapat mengisi daya hingga maksimum 33W. Ini dinilai untuk output [email protected], [email protected] atau [email protected] Dan ada juga Super FlashCharge 2.0, seperti pada vivo X60 Pro+, yang bisa mencapai 55W.

Trending :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

Sejauh yang kami kumpulkan, keduanya menggunakan pendekatan pengisian daya yang serupa, yang menggunakan voltase lebih tinggi, mirip dengan Quick Charge Qualcomm, alih-alih ampere konkuren yang lebih tinggi, seperti VOOC dan turunannya. Informasi tentang topik ini agak langka, tetapi ini berarti bahwa FlashCharge 2.0 dapat bekerja pada 33W penuh atau di dekatnya dengan kabel USB Tipe-A ke Tipe-C stkamur, seperti yang disertakan dalam kotak. Kamu hanya perlu memastikan bahwa itu berkualitas baik. Kami cukup menjelaskan tentang ini, karena itu merupakan nilai tambah bagi vivo sehingga Kamu tak perlu khawatir lagi untuk selalu memiliki kabel berpemilik.

Trending :  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Juga, pada kotak V21-sepasang earbud putih bermerek vivo, termasuk mikrofon dan kontrol in-line. Yang menarik adalah ini bukan Type-C, melainkan stkamur 3.5mm. Kamu juga mendapatkan dongle Type-C hingga 3.5mm kecil. Bisa dibilang, pengaturan yang lebih fleksibel, baik untuk menggunakan kuncup yang terdengar cukup baik di perangkat yang berbeda, serta mencolokkan headphone lain ke V21.

Trending :  iPhone 11 Pro Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Akhirnya, Kamu juga mendapatkan kotak TPU bening yang bagus di dalam kotak. Ini untuk menutup port Type-C di telepon – upaya yang cukup berani, meskipun bukan pengganti gasket yang sebenarnya.

Desain dan Bahan

Penampilan memang selalu subjektif, tetapi sulit untuk menyangkal betapa apik dan bersihnya vivo V21. Ini tampaknya menjadi bahasa desain yang meresap di seluruh jajaran vivo, dengan lini V21, khususnya, mengikuti saudara kandung X60 yang lebih besar.

Trending :  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

Ada sesuatu tentang pulau kamera persegi panjang dua bagian dan berbagai aksen, talang, dan pengaturan umum yang entah bagaimana mengingatkan pada desain “bisnis” dan “serius” lama. Hal ini khususnya berlaku untuk warna Dusk Blue dari unit review kami. Ini adalah biru yang sangat dalam, dan hampir berbatasan dengan warna baja, yang bekerja sama dengan baik dengan warna biru/baja yang mengkilap dan sedikit berbeda pada bingkai tengah.

Trending :  Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Berbicara tentang bingkai, sebenarnya, warnanya serasi dengan bagian belakang dan pulau kamera. Sentuhan kecil yang bagus yang menyatukan seluruh desain. Jika Kamu tidak menyukai “serius”, Kamu bisa memilih warna Sunset Dazzle yang lebih berwarna atau Arctic White. Sepertinya hanya ada pada vivo V21 versi 5G.

Trending :  Link Download Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok : Tempo

Vivo V21 merupakan perangkat yang cukup menarik, dengan ketebalan hanya 7,3mm. Itu cukup kontras dengan desain permukaan datar dari bingkai tengah. Bingkai terdapat semacam getaran iPhone, yang jauh dari kritik.

Secara keseluruhan, vivo V21 terlihat sangat premium. Pasti meninju di atas braket harga kelas menengah di departemen penampilan. Rasanya juga enak dan dibuat dengan baik.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Poco M3 Pro 5G

Sejauh yang kami dapat kumpulkan, bingkai belakang dan tengah pada V21 terbuat dari plastik. Sangat berbeda merasakan plastik. Bagian belakang hampir halus saat disentuh pada unit Dusk Blue kami – terasa cukup premium dengan sentuhan, tetapi tidak mudah untuk tetap bersih. Bingkai mengkilap dan halus.

Trending :  Tempo : Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok, ini Caranya

Kaca pada bagian depan sepertinya bukan Gorilla Glass karena jika tidak, vivo akan membanggakannya. Dan ada pelindung layar bawaan pabrik – tipis terpasang dengan baik.

Berbicara tentang sisi depan, bezel di sekitar layar AMOLED 6,44 inci memiliki ketebalan yang masuk akal, tetapi ukurannya masih merupakan hadiah mati untuk silsilah kelas menengah V21.

Trending :  Harga dan Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G, Meluncur dengan Body Ramping

Meskipun tidak ada peringkat perlindungan masuknya resmi pada vivo V21, perlu dicatat bahwa slot SIM memiliki paking merah terang yang terlihat jelas di atasnya. Kami menduga setidaknya ada beberapa perlindungan debu dan percikan di tempat.

Pengaturan

Vivo V21 memiliki skema kontrol stkamur. Volume rocker dan tombol daya di sisi kanan mudah dijangkau dan memberikan umpan balik sentuhan yang bagus. Selesai bertekstur pada tombol power adalah sentuhan yang bagus.

Trending :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

Bagian atas ponsel juga hampir kosong, hanya menampung mikrofon peredam bising sekunder.

Sebaliknya, sisi bawah sibuk. Di sinilah mikrofon utama berada, bersama dengan satu speaker bawah. Tidak ada pengaturan stereo pada V21, bahkan hibrida.

Port USB Type-C pada V21 memiliki koneksi USB 2.0 di belakangnya dan mendukung OTG.

Slot SIM adalah urusan hibrida. Varian yang jarang ada, dengan dua slot nano-SIM di kedua sisi slot. Salah satunya adalah slot hibrida, yang dapat menampung kartu SIM atau kartu microSD.

Trending :  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Sekilas tidak ada banyak hal di sisi depan V21, selain layar dan kamera selfie besar, yang bersarang di lekukan tetesan air mata. Di atasnya terdapat lubang suara, yang sedikit miring ke atas, mungkin untuk memberikan ruang sebanyak mungkin untuk kamera selfie.

Namun, jika Kamu melihat cukup teliti, Kamu akan melihat bahwa sebenarnya ada dua LED yang mengapit kamera selfie. Ini dimaksudkan untuk fotografi cahaya rendah dan merupakan fitur unik.

Trending :  iPhone 11 Pro Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Vivo V21 memiliki pembaca sidik jari di bawah layar. Ini adalah jenis optik yang lebih umum, dan kami merasa sangat baik dalam kecepatan dan akurasi.

Jika Kamu bertanya-tanya, V21 tidak memiliki LED notifikasi. Ini cukup banyak norma saat ini, bukan pengecualian.

Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Vivo V21 5G
gsmarena.com

Layar

Mid-ranger atau tidak, vivo V21 tidak berhemat di departemen tampilan. Dilengkapi dengan layar AMOLED 6,44 inci. Yang cukup halus, pada saat itu, dengan kecepatan refresh 90Hz. Sebagai lapisan gula pada kue, ada juga dukungan HDR10+ yang ditambahkan.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Dalam hal kecerahan, vivo memasarkan 500 nits keluaran tipikal yang terhormat. Kedengarannya benar, karena dalam pengujian stkamur kami, kami mengukur 467 nits, dengan penggeser kecerahan tercampur. V21 dapat bersinar lebih terang dalam mode otomatis maksimal, dalam kondisi pencahayaan yang terang. Kami mengukur maksimal 761 nits. Ini membuat panel OLED tertentu dapat digunakan dengan sempurna di luar ruangan.

Trending :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

Dalam hal warna, vivo V21 5G memiliki total tiga mode warna: Stkamur , Profesional , dan Terang . Yang pertama adalah default dan tampaknya menargetkan ruang warna DCI-P3. Itu melakukannya dengan cukup baik tetapi ada lebih banyak yang diinginkan.

Mode profesional tampaknya menargetkan sRGB. Ini lebih baik daripada mode Stkamur, tetapi tampilan V21 tidak dapat dianggap benar-benar akurat warna. Ini pasti cukup baik untuk penggunaan biasa.

Trending :  iPhone 11 Pro Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Lalu ada Bright, yang meningkatkan warna di luar mode Stkamur. Ini menghasilkan semacam “kebocoran” yang cenderung dikaitkan dengan panel OLED. Kami memang memeriksa apakah tampilan benar-benar menjadi lebih cerah dalam prosesnya, tetapi bukan itu masalahnya.

Vivo V21 mengiklankan dukungan HDR10+. Dan, memang, perangkat lunak melaporkan hal yang sama – HDR10+, serta dukungan HLG. Hanya Dolby Vision yang hilang. Ada juga sertifikasi Widevine L1, yang berarti Kamu dapat menikmati resolusi tinggi, cukup untuk memenuhi layar FullHD+ ponsel dengan layanan seperti Netflix. Pada saat menulis ulasan ini, aplikasi Netflix sendiri mengonfirmasi Widevine dan menawarkan streaming FullHD tetapi tidak ada HDR. Namun, ini tidak terlalu aneh, karena Netflix memiliki daftar putihnya sendiri untuk memungkinkan fitur tersebut, sehingga dukungan dapat segera tersedia.

Trending :  Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Vivo V21 5G memiliki panel 90Hz. Itulah yang kami anggap sebagai kecepatan refresh tinggi “entry-level” saat ini, karena tidak ada istilah yang lebih baik. Meski begitu, lompatan mulus dari 60Hz sangat terlihat. Terutama saat menggulir UI vertikal. Namun, memiliki kecepatan refresh ekstra hanyalah salah satu bagian dari persamaan.

Trending :  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

OS harus cukup pintar untuk menangani kecepatan refresh ekstra ini dengan benar, sehingga Kamu dapat menggunakannya saat dibutuhkan, seperti menggulir atau memainkan game yang kompatibel dan tidak membuang baterai yang tidak perlu dalam skenario lain seperti menonton video.

Kami dapat berbagi dari pengalaman bahwa menjalankan panel OLED modern pada 90Hz biasanya memberikan sedikit tekanan ekstra pada baterai daripada vanilla 60Hz. Oleh karena itu, bilah yang lebih penting yang harus dibersihkan vivo V21 5G adalah kemampuan untuk menghadirkan 90Hz saat dibutuhkan demi pengalaman.

Trending :  Harga dan Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G, Meluncur dengan Body Ramping

Vivo V21 5G memiliki total tiga pengaturan kecepatan refresh – 60Hz, 90Hz, dan Smart Switch. Ada keanehan yang terlibat, jadi mari kita singkirkan mode 60Hz yang paling sederhana terlebih dahulu. Ini hanya mode 60Hz tetap. Tidak lebih, tidak kurang. UI dan setiap aplikasi – semuanya berjalan pada 60Hz.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Poco M3 Pro 5G

Orang secara alami akan berasumsi bahwa mode 90Hz juga tetap. Namun, tidak demikian. Mode 90Hz lebih merupakan mode “otomatis”. Secara umum, dalam mode 90Hz, V21 mencoba beroperasi pada 90Hz saat berinteraksi dengan layar. Setelah Kamu meninggalkan apa pun yang ada di layar selama beberapa detik, itu turun ke 60Hz. Ini bagus untuk sebagian besar kasus penggunaan, yang kami hargai.

Trending :  Link Download Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok : Tempo

Perilaku ini juga diterapkan ke sebagian besar aplikasi, termasuk aplikasi pihak pertama dan pihak ketiga.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah vivo tampaknya memiliki beberapa deteksi pemutaran video, yang kami suka lihat. Poin ekstra di sana! Setelah OS mendeteksi bahwa ada video yang diputar di layar, kecepatan refresh turun menjadi 60Hz, terlepas dari apakah Kamu berinteraksi dengan telepon atau tidak. Kami menemukan ini berfungsi hampir selalu dengan pemutaran video layar penuh dan lebih sering daripada tidak dengan video hanya sebagai bagian dari UI lainnya.

Trending :  Tempo : Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok, ini Caranya

Langkah logis berikutnya adalah melihat seberapa baik kinerja game dengan kecepatan refresh tinggi . Sayangnya, jawaban singkatnya adalah ‘buruk’. Kami mencoba banyak game yang kami tahu dari pengalaman yang mendukung kecepatan refresh tinggi di perangkat lain, dan di luar itu, kami hanya berhasil mendapatkan 90Hz di Hill Climb Racing 2 dan Temple Run.

Trending :  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Pindah pada mode tingkat sakelar Cerdas . Versi pendek – Otomatis jelas lebih buruk daripada mode 90Hz. UI Funtouch mengikuti logika peralihan yang sama dalam mode otomatis seperti pada 90Hz. Kamu mendapatkan 90Hz saat Kamu berinteraksi dengannya, dan setelah beberapa detik tidak aktif, otomatis turun ke 60Hz.

Perilaku nyaman ini terus berfungsi di beberapa aplikasi juga – contohnya termasuk Facebook dan Instagram.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Namun, banyak aplikasi lain yang melakukan perilaku peralihan otomatis dalam mode 90Hz berhenti melakukannya dengan sakelar Cerdas dan hanya macet pada 60Hz. Ada termasuk TikTok, aplikasi Galeri default dan YouTube – hanya untuk memberikan beberapa contoh. Lebih buruk lagi, browser vivo default dan Chrome juga macet pada 60Hz.

Bermain game dalam mode Smart switch masih lebih mengecewakan. Bahkan beberapa game yang kami kerjakan pada 90Hz dalam mode 90Hz gagal melakukannya dan terhenti pada 60Hz.

Trending :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

Semua hal dipertimbangkan, kami menghargai vivo telah berupaya ekstra untuk beralih tingkat penyegaran otomatis dan, pada kenyataannya, melakukan pekerjaan yang hebat dengan aplikasi. Namun, sebagian besar game gagal berjalan pada apa pun yang lebih tinggi dari 60Hz. Selain itu, mode sakelar Cerdas secara umum gagal dan harus dihapus atau mendapatkan logikanya dari mode 90Hz. Yang terakhir kemudian bisa tetap menjadi mode 90Hz yang terkunci, yang akan lebih masuk akal.

Trending :  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

Daya Tahan Baterai

Vivo V21 5G mengemas baterai 4.000 mAh yang layak. Tidak terlalu lusuh, mengingat bodinya hanya setebal 7.3mm. Memang, 5.000 mAh akan sangat dihargai, tetapi vivo memiliki tujuan desain tertentu yang harus dipenuhi. Selain itu, dengan senang hati kami melaporkan bahwa vivo V21 5G bekerja sangat baik dalam uji ketahanan baterai kami, dengan skor peringkat 123 jam.

Trending :  Link Download Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok : Tempo

Itu selalu baik untuk membandingkan hasil baterai dengan handset serupa lainnya. Kami belum menguji terlalu banyak ponsel lain dengan Dimensity 800U, tetapi ada Realme 7 5G dan Xiaomi Redmi Note 9T . Keduanya, ingatlah, dengan baterai 5.000 mAh yang lebih besar dan layar LCD. Meski begitu, vivo V21 5G cocok di tengah-tengah pasangan, yang masuk akal mengingat Redmi tidak terlalu baik dalam pengujian baterainya.

Perlu ditunjukkan bahwa meskipun baterainya lebih kecil, vivo V21 5G berhasil bertahan lebih lama dalam pemutaran video. Hal ini dapat dijelaskan dengan mudah oleh panel OLED-nya, yang jauh lebih efisien saat memutar video 16:9 dengan letterbox dan banyak nada yang lebih gelap, yang memanfaatkan efisiensi daya layar OLED.

Trending :  Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Sebaliknya, penjelajahan web tidak mendapat dorongan seperti itu, karena sebagian besar halaman web cenderung memiliki latar belakang putih, yang, pada OLED, bahkan dapat menghabiskan lebih banyak baterai daripada pada LCD dalam kondisi tertentu. Tapi, kita menyimpang.

Perlu dicatat bahwa dalam kasus khusus vivo V21 5G, kami tidak berhasil menjalankan pengujian browser kami pada 90Hz penuh. Bukan berarti itu benar-benar mewakili penggunaan normal, karena kecuali Kamu menggulir sepanjang waktu, panel masih akan turun ke 60Hz secara otomatis. Pengujian web dan pengujian pemutaran video dilakukan pada 60Hz.

Trending :  Tempo : Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok, ini Caranya

Kecepatan Pengisian Baterai

Sama seperti pendahulunya, vivo V21 5G dilengkapi dengan teknologi FlashCharge 2.0 milik perusahaan, dengan pengisian maksimum 33W. Teknologi ini bukan yang terbaik, karena vivo lain seperti X60 Pro+ dapat mencapai 55W.

Tidak banyak informasi teknis yang tersedia di FlashCharge, tetapi sejauh yang kami kumpulkan, ia menggunakan pendekatan yang mirip dengan QuickCharge, daripada VOOC dan turunannya. Artinya, ia menggunakan tegangan yang lebih tinggi daripada arus listrik yang lebih besar pada 5V stkamur. Pengisi daya V21 5G yang disertakan, misalnya, memiliki peringkat [email protected], [email protected], atau [email protected] Itu memang mengingatkan pada QuickCharge, meski tidak sama.

Trending :  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Sejauh yang berhasil kami kumpulkan, FlashCharge juga tidak memerlukan kabel berpemilik, tidak seperti beberapa pesaingnya yang harus menyertakan pin tambahan (sering kali ke-5) ke port USB Tipe-A untuk menegosiasikan kecepatan pengisian daya. Kamu harus tetap menggunakan kabel berkualitas baik, yang mampu membawa arus ini, tetapi tidak mutlak wajib menggunakan kabel USB Tipe-A ke Tipe-C yang disertakan dalam kotak V21 5G.

Trending :  iPhone 11 Pro Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Vivo mengatakan 30 menit pada pengisi daya akan membawa V21 5G dari 0% menjadi 63%. Unit kami berhasil mencapai 64% dalam waktu itu, dengan muatan penuh membutuhkan tambahan 35 menit. Kami akan mengatakan ini dalam batas kesalahan dan menghubungi nomor yang diiklankan dikonfirmasi. Meskipun kami berhasil melakukan sedikit lebih baik pada vivo V20 yang lebih lama, yang memiliki pengisi daya dan kapasitas baterai yang sama.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Poco M3 Pro 5G

Speaker

Vivo V21 5G hanya memiliki satu speaker. Itu agak mengecewakan, melihat bagaimana beberapa pesaing seperti Xiaomi menawarkan pengaturan stereo dalam kisaran harga ini.

Pembicara pada V21 5G juga tidak terlalu bagus – tidak apa-apa. Itu hanya mencetak peringkat kenyaringan rata-rata dalam tes stkamur kami.

Trending :  Harga dan Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G, Meluncur dengan Body Ramping

Pada catatan yang lebih positif, itu tidak melengking, bahkan pada volume maksimal dan berhasil memberikan dialog yang cukup jelas.

Android 11 + Funtouch OS 11.1

Vivo V21 5G hadir dengan pengalaman perangkat lunak modern – Android 11 terbaru dan Funtouch OS 11.1 milik perusahaan sendiri di atasnya. Yang terakhir adalah salah satu kulit Android yang lebih berat di luar sana saat ini. Unit kami datang dengan beberapa aplikasi pra-instal, kami juga akan mempertimbangkan mengasapi.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Ada banyak fitur tambahan untuk dijelajahi, kemampuan penyesuaiannya bagus, dan ada berbagai tweak dan bit di luar itu juga. Mari kita mulai dari layar kunci dulu. Ada banyak penyesuaian yang harus dilakukan di sini langsung dari kelelawar. Kamu dapat mengubah gaya dan memiliki wallpaper yang berubah secara dinamis, berkat fitur Lockscreen Poster . Kamu juga dapat meletakkan teks Kamu sendiri di sana, jika Kamu kehilangan telepon.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Gambar statis di layar kunci semuanya baik-baik saja, tetapi Funtouch OS 11.1 jauh melampaui itu. Ada banyak animasi, efek pencahayaan, dan bit visual lainnya yang terkait dengan hal-hal seperti membaca sidik jari Kamu, membuka kunci, mendapatkan notifikasi, dan mengisi daya ponsel, untuk beberapa nama. Funtouch OS memungkinkan Kamu menyesuaikan hampir semuanya dalam beberapa cara. Terus terang, jumlah opsinya agak mengejutkan.

Trending :  iPhone 11 Pro Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Karena vivo V21 5G memiliki layar OLED, masuk akal juga untuk memiliki fitur Always On Display . Sesuai dengan OS lainnya, tidak ada kekurangan opsi penyesuaian di sini. Beberapa tweak fungsional yang hebat juga disertakan, seperti kemampuan untuk memicu AOD pada jadwal atau dengan pergerakan telepon.

Trending :  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

Tampaknya lebih atau kurang diberikan, tetapi tentu saja, ada dukungan Tema yang luas di Funtouch OS juga. Ada tema lengkap, serta elemen visual seperti wallpaper untuk diunduh dari repositori vivo online. Juga, beberapa font.

Pindah ke layar Berkamu , ada banyak tweak untuk dimainkan juga.

Menggesek ke bawah dari sana menunjukkan bayangan pemberitahuan yang tampak stkamur bersama dengan sakelar cepat.

Trending :  Tempo : Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok, ini Caranya

Ikon warna-warni di kanan atas itu sebenarnya adalah jalan pintas untuk asisten Jovi vivo . Ini cukup fungsional, terutama pada ROM global, seperti yang kami jalankan di V21 5G. Ada panel khusus untuk Jovi juga, satu sapuan ke kiri dari layar Berkamu.

Namun, dalam langkah yang agak bagus, Funtouch OS sebenarnya memungkinkan Kamu menukar Jovi, serta panel ini untuk umpan Google, jika itu lebih sesuai dengan kebutuhan Kamu. Beralih secepat menekan tombol di sudut kanan atas.

Trending :  Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Yang cukup menarik, terlepas dari semua opsi penyesuaian yang tersedia, sepertinya tidak ada cara untuk mematikan laci aplikasi di Funtouch OS 11.1. Mungkin kita hanya melewatkannya. Apa yang dapat Kamu aktifkan atau nonaktifkan adalah strip aplikasi yang direkomendasikan di bagian atas laci aplikasi, tepat di bawah bilah pencarian aplikasi. Yang terakhir nyaman, meskipun, Funtouch juga memiliki fitur yang lebih nyaman, yang disebut Pencarian global . Ini dapat dipicu dengan menggesek layar berkamu. Ini kuat dan dapat menampilkan hasil dari file, aplikasi, toko aplikasi Kamu (di mana V21 5G memiliki setidaknya dua) dan hasil web.

Trending :  Harga dan Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G, Meluncur dengan Body Ramping

Kamu mungkin tidak dapat menonaktifkan laci aplikasi, tetapi ada banyak opsi navigasi, termasuk pengaturan dan gaya tombol navigasi yang berbeda dan skema gerakan yang lebih baru.

Ada banyak aspek dan fitur lain dalam Funtouch OS 11.1 yang mungkin perlu mendapat sorotan. Kami tidak akan membahas semuanya, tetapi fokus vivo pada kinerja dan pengoptimalan game memang pantas disebutkan. Pertama, ada menu Multi-Turbo dalam pengaturan Sistem, yang sebagian besar mencantumkan berbagai sistem yang bekerja secara diam-diam di latar belakang tetapi juga memiliki opsi ART++ Turbo, yang dimatikan pada unit kami. Kamu mungkin ingin mengaktifkannya untuk peluncuran aplikasi yang lebih cepat.

Trending :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

Lalu ada Ultra Game Mode yang mendapat menu pengaturan tersendiri. Beberapa opsi penting di sini termasuk matikan untuk asisten dan bilah sisi dalam game, juga penyesuaian kualitas suara khusus game, bersama dengan Getaran Game 4D, yang menangkap suara tertentu, seperti tembakan dan mengubahnya menjadi getaran. Game picture-in-picture, seperti namanya, saat dihidupkan, memungkinkan cara cepat untuk menghadirkan jendela mengambang di atas aplikasi yang sedang berjalan.

Trending :  Link Download Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok : Tempo

Putar otomatis dengan layar mati cukup menarik dan bukan sesuatu yang Kamu lihat setiap hari. Ini memungkinkan Kamu untuk mematikan tampilan V21 5G tanpa menjeda aplikasi atau game yang sedang berjalan. Ini bisa membantu untuk menghemat baterai, sambil tetap menganggur di game tertentu. Bagus. Terakhir, Mode Esports juga ada di vivo V21 5G. Itu melakukan hal-hal biasa, seperti membatasi gangguan seperti notifikasi dan tampaknya sangat terkait dengan turnamen Arena of Valor KPL, yang melibatkan vivo.

Trending :  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Di luar menu pengaturan ini, ada juga aplikasi Game Center di Funtouch OS. Ini bertindak sebagai hub game pusat, tetapi terutama toko game untuk mengunduh dan menginstal APK terpisah dari Google Play Store. Ini juga memiliki statistik permainan pribadi.

Ada juga Game Space yang kurang lebih merupakan launcher khusus untuk game kamu.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Poco M3 Pro 5G

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, inilah tampilan asisten game dan bilah sisi dalam game dan fitur yang mereka tawarkan dalam game.

Semua hal dipertimbangkan, Funtouch OS 11.1 adalah kulit Android yang berat, tidak diragukan lagi. Ini penuh dengan fitur dan menawarkan banyak penyesuaian. Tweaking sebenarnya berjalan sedalam animasi dan efek sistem. Jika itu terdengar menarik bagi Kamu, maka ada banyak hal untuk dicintai di sini. Namun, jika Kamu mencari pengalaman Android yang bersih, di antara semua fitur ini dan banyaknya aplikasi pihak pertama dan ketiga yang telah diinstal sebelumnya, Funtouch OS 11.1 bukan untuk Kamu.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Benchmark

Vivo V21 dibangun di sekitar chipset MediaTek Dimensity 800U. Ini adalah chip kelas menengah yang solid, bagian dari lini Dimensity yang baru dan sangat kompetitif. Seperti setiap chip lainnya dalam seri ini, ia memiliki modem 5G NR Sub-6 GHz built-in, yang juga menawarkan LTE. 800U adalah salah satu chip paling populer dari lini. Ini jauh dari yang paling kuat dalam daftar dan juga didasarkan pada proses 7nm yang sedikit lebih tua, dibandingkan dengan Dimensity 900 baru atau Dimensity 1200 unggulan dan proses 6nm mereka. Ini juga menggunakan inti kinerja ARM Cortex-A76 yang sedikit lebih tua, bukan yang A78 dalam chip yang disebutkan di atas. Meski begitu, itu tidak terikat untuk kekuasaan. Sebaliknya, Dimensity 800U menawarkan kinerja menyeluruh yang solid. Di unit ulasan kami, itu dipasangkan dengan 8GB RAM dan 128GB penyimpanan UFS 2.2 cepat.

Trending :  Link Download Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok : Tempo

Dimulai dengan CPU, Dimensity 800U memiliki dua inti Cortex-A76, dengan clock hingga 2,4 GHz dan enam inti Cortex-A55 bertenaga lebih rendah, dengan kecepatan 2,0 GHz. Ini dengan mudah mengunyah melemparkan beban kerja single-threaded modern.

Mengacu pada hasil GeekBench, kita dapat dengan jelas melihat Dimensity 800U melampaui chip seri 600 Qualcomm, seperti Snapdragon 662 dan 678, serta sebagian besar lini seri 700, seperti 720G dan 732G yang populer. Snapdragon 780G menjadi pengecualian. Tapi itu adalah chip yang bahkan mengungguli Snapdragon 860, jadi tidak ada kejutan di sana.

Trending :  Harga dan Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G, Meluncur dengan Body Ramping

Posisi polling sedikit bergeser ketika chipset yang sama disajikan dengan beban sintetis semua-inti. Tidak banyak, meskipun. Itu selalu baik untuk membandingkan kinerja dengan perangkat lain dengan chipset yang sama juga. Dalam hal ini, Xiaomi Redmi Note 9T dan Realme Narzo 30 Pro 5G. Vivo V21 5G sebagian besar mengikuti, dengan hasil yang kira-kira sejalan. Padahal, sepertinya vivo berpotensi memeras sedikit lebih banyak kinerja puncak dari chip.

Trending :  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

Namun, ketika membahas kinerja, beberapa angka tambahan dalam skor tolok ukur bukanlah segalanya dan akhir dari segalanya, juga tidak boleh menjadi tujuan mereka sendiri. Sebaliknya, kami senang melihat bahwa vivo V21 5G hampir tidak memanas di bawah beban dan tidak termal-throttle. Itu bagus untuk kinerja berkelanjutan, yang jauh lebih penting dalam buku keluar. AnTuTu dan tolok ukurnya yang lebih kompleks juga jauh lebih menguntungkan terhadap V21 5G. Ini bagus, karena selain kinerja CPU, AnTuTu juga memperhitungkan berbagai aspek GPU, serta memori dan penyimpanan.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Poco M3 Pro 5G

Untuk GPU, Dimensity 800U memiliki inti Mali-G57. Sayangnya, tidak terlalu banyak – hanya tiga. Dimensity 800 memiliki empat dan 820 satu tambahan, dengan total lima. Chipset tersebut, bagaimanapun, tidak sepopuler 800U.

Kamu dapat melihat vivo V21 5G sedikit kesulitan bahkan dalam tes OpenGL ES 3.0 termudah, kami masih berjalan, gagal mencapai 60fps. Ini adalah beban sintetis yang tidak realistis. Dalam praktiknya, vivo V21 5G cukup bertenaga untuk kelas menengahnya.

Trending :  iPhone 11 Pro Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Ini memiliki “keuletan” grafis yang cukup untuk menjalankan judul paling populer dengan frame rate yang layak. Jika Kamu tetap menggunakan game yang lebih ringan atau lebih lama, Kamu bahkan dapat memanfaatkan kecepatan refresh 90Hz dengan tepat, dengan mencapai 90fps.

Sangat menyenangkan juga melihat bahwa vivo V21 5G tidak kehilangan pijakannya dengan Vulkan API yang lebih baru dan terus berkinerja seperti yang diharapkan dari chipset Dimensity 800U-nya. Sederhananya, itu berarti para insinyur vivo melakukan pekerjaan yang baik dengan implementasi Android mereka.

Trending :  Tempo : Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok, ini Caranya

Pengamatan lebih lanjut mendukung tes 3DMark. Ini tampaknya lebih menguntungkan bagi vivo V21 5G.

Namun, jika Kamu mencari kinerja terbaik untuk uang Kamu, vivo V21 5G kemungkinan bukan pilihan terbaik Kamu. Ini dilengkapi dengan sangat baik untuk menangani sebagian besar tugas dan melakukannya dengan efisien. Di luar simpul manufaktur yang hemat daya, Dimensity 800U juga modern dalam fitur lainnya, seperti konektivitas dan kamera, tidak menahan set fitur vivo V21 5G dengan cara apa pun yang terlihat.

Trending :  Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Vivo V21 5G memiliki pengaturan kamera yang mirip dengan pendahulunya V20 . Kamera utama adalah 64MP Quad-Bayer, 1/1.72″, unit 0.8µm yang berada di belakang lensa f/1.8 – sedikit lebih terang pada generasi ini. OIS adalah tambahan baru lainnya untuk kamera ini. Selanjutnya adalah kamera ultrawide 8MP – kamera 1/4.0″, unit 1,12µm di belakang lensa f/2.2. Sayangnya, ultrawide tidak memiliki autofokus, yang dulunya ada di vivo V20. Terakhir, di bagian belakang – kamera makro khusus 2MP, f/2.4.

Trending :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

Pengaturan selfie adalah fitur yang menonjol untuk vivo V21 5G. Pada intinya – kamera 44MP, f/2.0, lengkap dengan autofokus, serta OIS – sesuatu yang tidak dimiliki V20. Sebagai upaya untuk menambah pengalaman selfie, vivo juga menyertakan dua LED di bagian depan V21 5G untuk pencahayaan selfie dan video selfie. Lebih lanjut tentang itu sebentar lagi.

Trending :  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Sebelum kita sampai ke sampel, beberapa kata tentang aplikasi kamera di vivo V21 5G. Sayangnya, tampaknya didasarkan pada UI yang lebih lama, seperti yang terlihat pada vivo V21, berbeda dengan yang lebih baru dari keluarga vivo X60. Ini berarti salah satu hewan peliharaan kita yang kesal, yang dipasang di lini X60, kembali ke V21. Yaitu, cara aneh mengganti kamera, yang melibatkan mengklik ikon Lensa terpisah di UI kamera untuk mencapai ultrawide atau makro. Kembali ke kamera utama dari sana mungkin lebih menyebalkan karena harus menekan “x” kecil.

Trending :  Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Kamu masih mendapatkan pemilih zoom gaya “x” biasa. Ini berlaku untuk kamera utama dan beralih antara zoom digital 1x dan 2x. Kamu dapat memperbesar lebih jauh dengan cubitan, hingga 10x. Mode resolusi tinggi, atau memotret dalam 64MP penuh kamera utama, serta pemindai dokumen dan mode Pro, antara lain, juga tersedia dalam menu pemilih mode.

Trending :  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Berbicara tentang mode Pro , ia memiliki serangkaian penyesuaian yang layak. Kompensasi pencahayaan berubah dari -3 hingga +3, ISO berada pada kisaran 100 hingga 3200, dan kecepatan rana dapat meningkat dari 1/2000 hingga 32 detik.

Ada mode Potret terpisah yang tersedia untuk kamera utama dan selfie. Ini menawarkan penggeser aperture untuk mensimulasikan bokeh, di samping menu “Gaya” dengan filter warna dan salah satu mode Kecantikan paling kaya fitur dan ekstensif yang pernah kami lihat.

Trending :  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

Sub-menu Kecantikan Wajah memiliki penggeser yang cukup untuk membuat pencipta karakter RPG modern memerah. Lalu ada banyak pilihan riasan dan yang terakhir, namun tidak kalah pentingnya, koleksi “pose”. Ini membuat overlay di UI kamera untuk Kamu atau teman Kamu ikuti untuk mengatur foto. Kamu bahkan dapat online dan mengunduh lebih banyak pose dari repositori online. Ini bahkan dikategorikan untuk kenyamanan Kamu. Vivo tampaknya benar-benar mencoba yang terbaik untuk melayani kerumunan jejaring sosial yang lebih muda. Cukup berhasil, kita bisa menambahkan.

Trending :  Link Download Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok : Tempo

Dengan cepat mengakhiri tur aplikasi kamera, kami memiliki mode pengambilan Video yang cukup mendasar, lengkap dengan pengalih Lensa tidak intuitif yang sama untuk mencapai ultrawide, serta sakelar zoom untuk kamera utama. Ada juga sakelar Ultra stabil yang memungkinkan beberapa EIS tambahan di atas OIS yang sudah ada di kamera utama.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Poco M3 Pro 5G

Ada beberapa pilihan kamera yang menarik di menu pengaturan. Misalnya, Kamu dapat memicu rana dengan telapak tangan atau suara Kamu. Ada beberapa tkamu air yang tersedia, serta opsi untuk membuat tkamu air khusus, dan Kamu dapat mengaktifkan pembacaan histogram, serta keluaran foto RAW dari menu fitur Pro .

Trending :  Harga dan Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G, Meluncur dengan Body Ramping

Pengaturan kamera

Pengambilan video mencapai [email protected] pada kamera utama, dengan 60fps tersedia hingga 1080p. Ultrawide hanya bisa melakukan 30Hz dan hanya naik ke FullHD. Tidak ada yang luar biasa.

Terakhir, dalam upaya lain untuk memaksimalkan penggunaan perangkat keras selfie yang mengesankan, vivo juga menyertakan mode tampilan Gkamu khusus . Seperti namanya, ia dapat mengambil umpan video dari dua kamera dan merekamnya secara bersamaan. Ada pengaturan gambar-dalam-gambar yang tersedia, serta berdampingan. Kamu bisa bebas memilih kamera mana yang masuk ke bagian mana. Kamu juga dapat memilih untuk merekam dengan kamera selfie, plus kamera utama utama atau ultrawide, atau dengan kedua kamera belakang, tanpa selfie. Kamu bahkan dapat menerapkan filter kecantikan dengan cepat. Barang teratas.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Satu-satunya keluhan kami dengan fitur ini adalah Kamu tidak dapat beralih di antara kamera atau pengaturan kamera yang berbeda dengan cepat, Kamu harus menghentikan perekaman.

Mari kita mulai dengan kamera utama 64MP . Karena ini adalah unit Quad-Bayer, gambar diam yang dihasilkan secara default sebenarnya adalah 16MP. Ini terlihat cukup bagus secara keseluruhan. Ada banyak detail yang diselesaikan dan sedikit noise. Warnanya bagus dan bersemangat, tanpa terlalu jenuh. Cukup dekat dengan kehidupan nyata, tanpa menjadi membosankan.

Trending :  Tempo : Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok, ini Caranya

Namun ada beberapa kekurangan yang patut diperhatikan. Rentang dinamis bukan yang terbaik dan V21 5G cenderung terlalu banyak mengekspos dan memotong sorotan. Mode HDR Otomatis, diaktifkan secara default, sedikit membantu dalam hal ini. Algoritme penajaman juga terkadang agak berat. Beberapa garis lurus dan pola yang lebih halus dapat terlihat berlebihan.

Trending :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

Berikut adalah bidikan yang sama yang diambil dengan HDR yang dimatikan. Tidak ada alasan bagus untuk melakukannya, karena warnanya tidak begitu cerah, dan ada lebih banyak noise yang terlihat di bingkai.

Gambar diam yang diambil dalam mode 64MP penuh umumnya memiliki kekurangan yang serupa – sedikit lebih banyak noise dan warna yang lebih kusam. Foto-foto ini cenderung terlihat sedikit lebih lembut daripada yang biasa juga, yang bisa menjadi efek yang diinginkan jika Kamu tidak menghargai penajaman yang berat. Kamu juga dapat memperoleh sedikit lebih banyak detail dalam bidikan tertentu.

Trending :  iPhone 11 Pro Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Tidak ada telefoto khusus pada vivo V21 5G. Meski begitu, kamera memang menawarkan sakelar zoom 2x . Bidikan ini dipotong dan ditingkatkan dari kamera utama. Meski begitu, kualitas tetap terjaga dengan baik. Sebagian besar karakteristik bidikan 1x hadir, hanya dengan sedikit lebih lembut – sangat bisa dimengerti. Perlu dicatat bahwa bidikan ini diambil dengan HDR Otomatis aktif.

Trending :  Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Kamu dapat melampaui 2x dengan gerakan mencubit, hingga 10x. Kami mengambil sampel 5x dan 10x. Yang pertama sebenarnya terlihat kutipan yang dapat digunakan. Yang 10x agak terlalu lunak. Sekali lagi, kedua set ini diambil dengan HDR Otomatis.

The 8MP ultrawide kamera menangkap stills layak, tetapi tidak benar-benar layak banyak pujian di luar itu. Detailnya bagus dan begitu juga warnanya, meskipun terlihat lebih pudar daripada di kamera utama. Kelembutan umum mungkin merupakan masalah terbesar di sini, tetapi untuk bersikap adil, kami telah melihat jauh lebih buruk. Plus, kelembutan tidak menjadi lebih buruk di sekitar tepinya, dan tidak ada distorsi barel untuk dibicarakan.

Trending :  Tempo : Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok, ini Caranya

HDR Otomatis memiliki efek yang jauh lebih jelas pada ultrawide. Sayangnya, melihat bidikan yang sama dengan HDR mati, ini membawa sedikit campuran positif dan negatif ke meja. Beberapa peningkatan termasuk penanganan sorotan yang lebih baik. Dengan HDR mati, kita benar-benar dapat melihat sorotan klip ultrawide dan overexpose secara teratur. Juga, warnanya sedikit lebih baik.

Trending :  Harga dan Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G, Meluncur dengan Body Ramping

Namun, ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang bidikan ultrawide yang terlihat sedikit lebih tajam dengan HDR mati. Memang, sebagian besar ini disebabkan oleh penajaman yang agresif dalam pemrosesan, tetapi hasil akhirnya masih bisa dibilang terlihat sedikit lebih menyenangkan dalam hal ini. Selain itu, dengan HDR yang disetel ke Otomatis, bidikan ultrawide cenderung memiliki lebih banyak butiran di permukaan yang seragam, terutama langit. Selain itu, beberapa pita juga sering terlihat di langit biru.

Trending :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

V21 5G menangkap potret yang solid dengan kamera utamanya. Pemisahan subjek hampir sempurna dan bokeh terlihat sangat alami dan menyenangkan.

Bahkan, di atas semua filter dan penyesuaian kecantikan yang telah kita bahas, Kamu juga dapat memilih jenis bokeh untuk bidikan potret. Perbedaannya halus, yang biasanya Kamu inginkan. Algoritme biasanya mencoba mendeteksi dan memilih titik “pantulan” tertentu di latar belakang dan menempatkan bintang atau bentuk serupa di atasnya, bergantung pada jenis bokeh yang Kamu pilih.

Trending :  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

Mode potret berfungsi baik dengan subjek non-manusia, meskipun memang membutuhkan kesabaran untuk mendeteksi apa pun yang Kamu potret dengan benar.

Kamu tidak dapat secara realistis memiliki harapan yang terlalu tinggi untuk kamera makro 2MP . Ini beresolusi rendah dan memiliki fokus tetap. Keduanya ternyata merepotkan untuk diselesaikan. Namun, jika Kamu cukup gigih, Kamu bisa mendapatkan bidikan yang “dapat digunakan”.

Trending :  iPhone 11 Pro Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Kami menggunakan istilah itu agak longgar. Meskipun ini kemungkinan tidak akan pernah terlihat cukup baik untuk jejaring sosial, Kamu masih dapat membaca teks kecil dengan kamera makro.

The selfie kamera pada V21 5G diiklankan sebagai 44MP, tapi benar-benar menghasilkan 40MP, atau lebih, stills. Ini terlihat bagus. Banyak detail, ketajaman luar biasa, dan warna-warna alami.

Trending :  Link Download Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok : Tempo

Hal-hal yang harus diwaspadai termasuk rentang dinamis yang cukup terbatas. Sama seperti kamera utama, selfie terkadang cenderung overexpose. Selain itu, meskipun memiliki fokus otomatis yang luar biasa, yang ada di selfie bukanlah yang tercepat atau paling akurat, jadi Kamu harus waspada dan memastikan bahwa ponsel benar-benar fokus pada Kamu dan bukan pada hal lain. Secara default, ini didasarkan pada deteksi mata dan bekerja dengan cukup baik, tetapi kadang-kadang bisa meleset.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Potret selfie menarik perhatian melalui kombinasi efek bokeh yang luar biasa, warna-warna cerah yang cenderung sedikit ditingkatkan, dibandingkan dengan mode foto normal dan resolusi yang lebih tinggi dengan banyak detail.

Namun, pemisahan subjek jauh dari sempurna. Jelas tidak sebagus pada kamera utama. Tanpa info kedalaman tambahan, algoritme terkadang tersandung oleh latar belakang yang sibuk dan banyak rambut atau kacamata. Itu masih bertahan dengan baik, meskipun.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Poco M3 Pro 5G

Kami juga memastikan untuk mengambil poster stkamur kami dengan vivo V21 5G pada mode 16MP default, serta 64MP. Kamu dapat melakukan pixel-peed dan membandingkan dengan perangkat lain dari database kami yang luas.

Kamera utama 64MP menangkap bidikan cahaya rendah yang sangat kompeten. Ada banyak detail dan kebisingan tetap terjaga dengan baik. Secara default, dalam mode otomatis, aplikasi kamera masih mendeteksi kondisi cahaya redup dan memicu beberapa bentuk mode Malam.

Trending :  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

ni berbeda dari mode Malam berfitur lengkap dan khusus . Yang terakhir membutuhkan waktu lebih lama untuk ditangkap, dengan eksposur lama dan multi-shot yang ditentukan secara otomatis menunggu rata-rata sekitar 3 detik. Cepat untuk mid-ranger.

Namun, ada manfaat nyata untuk menunggu detik ekstra. Foto mode malam terlihat lebih tajam secara keseluruhan, terutama di area bingkai yang lebih gelap, yang cenderung sedikit lebih lembut tanpa mode Malam. Ini mencerahkan mereka dengan baik dan menajamkannya juga. Di ujung spektrum yang berlawanan, sorotan juga terlihat lebih baik. Sumber cahaya, khususnya, ditangani jauh lebih baik, dengan mekar yang jauh lebih sedikit.

Trending :  Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Memotret dalam mode 64MP dalam cahaya rendah sebenarnya memberikan dorongan yang sangat baik dalam detail yang diselesaikan. Secara alami, resolusi ekstra tidak banyak membantu dengan area yang lebih gelap atau sumber cahaya, tetapi memiliki lebih banyak detail untuk dikerjakan pasti membantu algoritme kamera mengambil dan mempertajam detail yang lebih halus.

Trending :  iPhone 11 Pro Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Pembesaran, tentu saja, dimungkinkan dalam mode utama aplikasi kamera. The 2x zoom tembakan tetap dapat digunakan. Mereka sedikit lebih lembut daripada rekan-rekan mereka di siang hari, tetapi selain itu, mereka cenderung berbagi kualitas yang baik dari rekan-rekan mereka yang 1x.

Trending :  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

Namun, apa pun yang melewati 2x zoom, lebih merupakan pertaruhan daripada yang lainnya. Jika Kamu cukup sabar, Kamu bisa mendapatkan bidikan dengan detail dan ketajaman yang layak. Namun, itu adalah pengecualian dan sebagian besar foto akan dibuang.

Mode malam pada vivo V21 hanya berfungsi pada 1x zoom. Kamu bahkan tidak dapat mencubit secara manual untuk memperbesar. Namun, mode malam tersedia untuk kamera ultrawide 8MP . Hal yang baik juga, karena tanpa itu ultrawide menghasilkan bidikan yang sangat lembut, dengan banyak noda, berkat algoritma peredam bising dan banyak sumber cahaya yang meledak.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Poco M3 Pro 5G

Mode malam harus bekerja lebih keras di ultrawide. Dibutuhkan waktu lebih lama untuk menangkap bidikan mode Malam ultrawide. Bidikan ini tidak terlihat sebagus yang diambil dari kamera utama, tetapi mode Malam masih meningkatkan kualitas keseluruhan secara signifikan. Terutama menyimpan detail yang dihancurkan di area yang lebih gelap dan mengandung mekar ringan.

Trending :  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Jika Kamu berencana menggunakan ultrawide dalam cahaya redup, pasti tetap menggunakan mode Malam.

Selfie cahaya rendah dari kamera 44MP tidak sebagus rekan-rekan siang hari mereka. Jangan salah paham – detailnya masih bagus, berkat resolusi yang lebih tinggi, namun fokus otomatis cenderung mengalami kesulitan dalam cahaya redup dan sering melewatkan subjek, sehingga menghasilkan selfie yang tidak fokus. Kami kira itu satu sisi dari memiliki autofokus.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Kamera selfie juga menangani sumber cahaya dengan sangat buruk. Tapi, itu lebih baik daripada tidak memiliki cahaya, kami kira. Omong-omong, bagaimana dengan dua LED selfie khusus itu , yang dimaksudkan untuk menerangi wajah Kamu? Bukankah seharusnya mereka membuat perbedaan besar pada bidikan yang sangat minim cahaya?

Trending :  Link Download Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok : Tempo

Yah, jawaban singkat – YA, tapi kami pikir mereka tidak mengubah permainan seperti yang terlihat di atas kertas. Vivo V21 sebenarnya memiliki tiga pengaturan berbeda untuk pencahayaan pada kamera selfie. Nah, empat jika Kamu menghitung. Yang lainnya adalah Spotlight, Aura dan Auto. Spotlight menyalakan dua LED khusus. Aura, di sisi lain, lebih merupakan efek “kilat layar”, di mana layar menyala. Pendekatan yang jauh lebih umum. Otomatis memutuskan apakah akan menyalakan lampu berdasarkan cahaya yang tersedia, tetapi ia memiliki kemampuan untuk mengaktifkan Spotlight dan Aura secara bersamaan, yang tidak dapat Kamu lakukan secara manual.

Trending :  Tempo : Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok, ini Caranya

Melihat beberapa sampel aktual, kami sejujurnya tidak dapat mengatakan bahwa LED khusus membuat banyak perbedaan, dibandingkan dengan sistem “flash layar” Aura. Mereka memang memberikan fleksibilitas ekstra, jadi begitulah.

Potret selfie cahaya rendah cenderung mengalami inkonsistensi fokus otomatis yang sama seperti selfie cahaya rendah biasa. Efek bokeh masih terlihat bagus, sama seperti di siang hari. Deteksi dan pemisahan subjek cukup baik. Tetapi sekali lagi, rambut yang berantakan dan latar belakang yang sibuk menyebabkan kesalahan. Ini, bagaimanapun, kurang terlihat dalam cahaya rendah.

Trending :  Harga dan Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G, Meluncur dengan Body Ramping

Video

Video 4k dari kamera utama tampak hebat secara keseluruhan. Ini ditangkap dalam h.264 secara default, dengan 50Mbps, atau lebih aliran video AVC dan aliran AAC audio stereo 48kHz. Ada banyak detail yang diselesaikan, kontrasnya bagus dan begitu juga rentang dinamis. Warnanya cerah, namun tidak berlebihan, seperti halnya dengan gambar diam. Secara keseluruhan, pemrosesannya santai dan matang.

Trending :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

Mungkin satu kekurangan yang terlihat, kemungkinan terkait dengan pendekatan pemrosesan yang terkait, adalah sedikit noise dalam pola yang lebih halus, seperti rumput. Bukan masalah besar, dengan cara apapun.

Kamera utama tetap cukup mumpuni di 2x zoom . Sama seperti dengan gambar diam, Kamu hanya mendapatkan gambar yang sedikit lebih lembut. Masih bagus.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap Poco M3 Pro 5G

Kamera ultrawide terbatas pada 1080p @ 30fps capture. Detailnya agak sedikit lebih rendah daripada dari cam utama. Selain itu, vivo sebenarnya melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk mendapatkan reproduksi warna sedekat mungkin dengan kamera utama. Kontrasnya juga bagus. Tidak terlalu lusuh dan tentang apa yang kami harapkan dari kamera 8MP.

Trending :  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Kamera utama pada V21 5G memiliki OIS, yang dengan sendirinya berfungsi dengan baik untuk menghilangkan kegugupan kecil dan gangguan tangan dalam video. Ada juga EIS tambahan yang tersedia untuk kamera utama, yang disebut Ultra stable . Ini hanya bekerja hingga 1080p. Kami benar-benar tidak terkesan dengan pekerjaannya sama sekali, pada kenyataannya, itu tampaknya membuat kegelisahan yang lebih kecil menjadi lebih buruk. Kami akan terus terang menjauh dari itu. Kamu dapat melihatnya bekerja pada contoh di bawah ini.

Trending :  Link Download Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok : Tempo

Tidak ada Ultra Steady atau yang serupa untuk kamera ultrawide. Bahkan, sekarang tidak memiliki OIS juga – fitur yang dimiliki pendahulunya vivo V20. Meski begitu, tampaknya ada beberapa bentuk stabilisasi secara default untuk video ultrawide. Salah satu yang bahkan tidak bisa kita matikan. Kami tidak bisa mengeluh, karena itu menghaluskan rekaman dengan cukup baik.

Trending :  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

Lalu bagaimana dengan video selfie ? Vivo V21 5G pasti memiliki perangkat keras untuk menyarankan pengalaman vlogging yang luar biasa. Memang, itulah yang terjadi. Vlogging pada 4K pada kamera selfie 44MP adalah pengalaman yang luar biasa. Video tajam, dengan banyak detail.

Trending :  Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Fokus otomatis kadang-kadang bisa salah dan rentang dinamisnya tidak luar biasa. Namun, Kamu mungkin tidak dapat menemukan video selfie yang lebih baik dalam kisaran harga ini. Vivo jelas memiliki tujuan yang tepat yang ditetapkan untuk V21 dan berhasil menindaklanjutinya. Setiap bintang TikTok pemula akan sangat senang dengan kamera selfie ini.

Trending :  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Jika Kamu menurunkan resolusi ke 1080p, Kamu juga bisa mendapatkan beberapa stabilisasi ekstra pada rekaman selfie (di atas OIS-nya). Ini bekerja dengan baik, jelas lebih baik daripada Ultra stabil di kamera utama. Kualitas video pada 1080p juga tetap kuat secara keseluruhan, jadi jika Kamu membutuhkan sedikit kehalusan ekstra dan tidak keberatan memegang ponsel sedikit lebih jauh dari wajah Kamu untuk mengimbangi jendela bidik yang dipotong – lakukanlah!

Trending :  iPhone 11 Pro Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Berbicara tentang vlogging, ada juga mode tampilan Gkamu yang menarik , yang sudah kami lalui. Kumpulan fiturnya sebenarnya luas dan serbaguna, satu-satunya masalah nyata, selain ketidakmampuan untuk beralih tampilan dan mode saat merekam adalah kenyataan bahwa video dibatasi pada 720p. Dan itu bukan 720p dari setiap kamera, melainkan 720p untuk video vinal.

Trending :  Harga dan Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G, Meluncur dengan Body Ramping

Itu tidak cukup resolusi untuk berguna untuk pembuatan konten modern. Kami telah menyatukan beberapa mode dan pengaturan yang berbeda untuk Kamu periksa dalam satu klip.

Video cahaya rendah dari kamera utama lumayan, meski bukan kelas unggulan. Rentang dinamis mungkin adalah masalah terbesar. Itu dan penanganan sumber cahaya yang buruk. Detail sebenarnya tidak buruk dan kebisingan, sementara hadir, disimpan dengan baik.

Trending :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

Zoom video pada 2x memiliki sebagian besar karakteristik yang sama tetapi sedikit lebih banyak noise. Namun, apa yang kita sebut dapat digunakan. Ultrawide, di sisi lain, kurang dari tkamu itu bagi kami. Videonya terlalu lembut. Kamu dapat memeriksa sampel di daftar putar

Trending :  Tempo : Aplikasi Edit Foto Wajah Pengantin yang Viral di TikTok, ini Caranya

Akhirnya, inilah cara vivo V21 5G bertahan melawan pesaing dalam basis data perbandingan video kami yang luas.


Pencarian Populer

Harga Hp Vivo V21 5g - Vivo V21 5g Ram - Vivo V21 5g Price In India - Vivo V21 5g Price - Vivo V21 5g Indonesia - Vivo V21 5g Harga Indonesia - Vivo V21 5g Harga Dan Spesifikasi - Vivo V21 5g Harga - Vivo V21 5g Gsmarena - Vivo V21 5g Gsm - Spesifikasi Vivo V21 5g Indonesia- Spesifikasi Vivo V21 5g Gsmarena - Review Vivo V21 5g - Harga Vivo V21 5g Indonesia - Harga Vivo V21 5g - Vivo V21 5g Spesifikasi -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.