Referer tidak tersedia. Trik PHP : Cara Instal Laravel 9 di Windows 10/11 | OKEData

Klik Tombol Dibawah
Untuk Download / Install Aplikasi


Trik PHP : Cara Instal Laravel 9 di Windows 10/11
Trik PHP : Cara Instal Laravel 9 di Windows 10/11

Trik PHP : Cara Instal Laravel 9 di Windows 10/11

Trik PHP : Cara Instal Laravel 9 di Windows 10/11 – Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara menginstal Laravel 9 di Windows 10 atau 11.

Seperti yang sudah kita ketahui, Laravel adalah framework (kerangka kerja) PHP paling populer yang sangat berguna untuk membangun aplikasi berbasis web yang luar biasa.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  10 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik di iPhone dan iPad 2021, Mantap Banget!

Jadi sebelum memulai instalasi Laravel 9 di Windows, pertama-tama mari kita instal semua perangkat lunak dan aplikasi yang diperlukan untuk menginstal Laravel 9 di Windows.

Klik Tombol Hijau / Biru
Untuk Download / Install Aplikasi

Laravel 9 membutuhkan minimal PHP versi 8.0, oleh karena itu pastikan kamu telah menggunakan PHP 8.0, karena jika tidak maka Laravel 9 ini tidak akan bekerja.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Koleksi Twibbon, Poster dan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M

Kamu dapat menginstal PHP di PC secara manual, tetapi akan lebih baik jika menggunakan XAMPP karena telah dilengkapi dengan PHP, MariaDB dan Apache.

Jika kamu belum menginstal PHP di komputermu, kamu dapat menginstalnya melalui XAMPP. Ikuti panduan berikut ini tentang cara menginstal XAMPP di Windows 10/11.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  4 Aplikasi Translate Inggris Indonesia Terbaik untuk Android dan iOS

Hal lain yang kita perlukan untuk menginstal Laravel 9 di Windows adalah Composer.

Composer adalah sistem tambahan dalam PHP yang akan membantu menginstal Laravel 9 hanya dalam beberapa perintah. Berikut cara Install Composer di Windows 10/11.

Jadi ketika kamu telah menginstal PHP dan Composer, artinya sudah siap untuk menginstal Laravel 9 di Windows.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Membuat Pesan Otomatis WA Bisnis, Cara Cepat Respon Pelanggan

Cara Menginstal Laravel di Windows

Berikut ini cara menginstal Laravel di Windows yang dikutip di laman allphptricks.com.

Buka command prompt dan arahkan ke direktori tempat kamu ingin menginstal Laravel 9. Akan lebih baik menginstal Laravel 9 di direktori desktop.

Kenapa lebih baik di direktori desktop? Karena di sini kamu memiliki hak akses penuh.  Jjika kamu menginstalnya di C:/XAMPP atau direktori lain maka mungkin saja akan menghadapi masalah hak pengguna. Oleh karena itu, lebih direkomendasikan di direktori Desktop dan isi dengan nama direktori yang kamu inginkan untuk menghindari konflik.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  7 Aplikasi Penghasil Uang 2021 [UPDATE]

Kamu dapat menggunakan perintah di bawah ini untuk mengubah direktori pada command prompt.

cd desktop

Gunakan perintah di bawah ini untuk membuat folder/direktori baru di desktop.

mkdir workspace

Sekarang menuju ke direktori workspace dengan menjalankan perintah di bawah ini.

cd workspace

Sekarang jalankan perintah di bawah ini untuk menginstal Laravel 9 di direktori workspace.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel laravel9

Dalam perintah di atas laravel9 adalah nama direktori proyek kamu. Kamu dapat memilih nama apa pun yang kamu suka.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  FacePlay MOD APK (Premium Unlock) Gratis untuk Android

Tunggu proses instalasi selesai, setelah instalasi selesai, jalankan perintah di bawah ini untuk mengubah direktori ke direktori laravel9 dan menjalankan aplikasi di server pengembangan.

cd laravel9
php artisan serve

Jika kamu ingin menjalankan aplikasi pada port yang berbeda, kamu dapat menggunakan perintah ini.

php artisan serve --port=8080

Sekarang kamu telah berhasil menginstal Laravel 9 di Windows, jadi salin URL Server Pengembangan: http://127.0.0.1:8000/ di browser untuk melihat aplikasi berjalan.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  7 Aplikasi Kamera Selfie Android Terbaik 2021

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, kamu telah mengetahui cara menginstal Laravel 9 di Windows 10/11 melalui Composer. Sekarang kamu bisa mulai belajar dan mengembangkan aplikasi berbasis PHP di Laravel 9.