7 Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense
7 Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense

7 Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense

OKEDATA.COM – Berikut ini 7 Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense Agar Pendapatan Blog Kamu Tinggi. Pahami dulu apa itu CPC dan CTR dan ikuti langkah-langkahnya.

Google AdSense adalah pengelola publisher iklan jenis PPC (Pay Per Click) yang paling popular. Dimana pemilik situs blog dapat menempatkan iklan dari mitra Google untuk menghasilkan pendapatan.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa membantumu meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense agar pendapatan blog kamu makin tinggi.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  4 Langkah Mudah Membuat Online Shop di HP Gratis

Apa itu CPC Adsense?

Sederhananya, CPC (Cost Per Click) adalah biaya per klik dan merupakan uang yang diperoleh dari setiap klik pada iklan Google Adsense yang ditempatkan di situs blog kamu.

Apa itu CTR Adsense?

CTR kependekan dari Click-through Rate atau Rasio Klik-tayang. Adalah persentase orang yang mengklik iklan Adsense di sebuah situs blog.

Misalnya, iklan kamu memiliki CPC rata-rata sebesar $0,2, dan jika kamu mendapatkan rata-rata 12.500 klik, kamu akan mendapatkan sekitar $5.000. Namun jika CPC kamu adalah $0,3 untuk jumlah klik yang sama, kamu dapat memperoleh $7,500.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Tanya Jawab Seputar Dedicated Server, Kelebihan dan Kekurangannya

Hanya dengan peningkatan $0,1, kamu dapat menghasilkan tambahan $2,500. Oleh karena itu, selain fokus untuk mendapatkan lebih banyak klik sejak awal, kamu juga harus fokus pada peningkatan CTR (Rasio klik-tayang) kamu.

CPC Adsense sangat bergantung pada niche (topik) situs blog kamu. Jika situs blog kamu memiliki niche (topik) yang sangat kompetitif, biaya CPC (Cost Per Click) untuk iklan yang ditempatkan di situs blog kamu akan jauh lebih tinggi. Tetapi dengan niche (topik) yang kompetitif, kamu harus mengeluarkan upaya dan waktu ekstra untuk mendapatkan trafik pengunjung ke situs blog kamu.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  15 Hosting Web Gratis Terbaik 2021 Tanpa Koding

Banyak yang mengira, cara mudah untuk meningkatkan CPC Adsense adalah dengan menargetkan keyword yang memiliki pembayaran tinggi (High Paying Keyword-HPK). Namun secara umum, kunci untuk meningkatkan CTR Google Adsense adalah dengan menentukan niche (topik) yang tepat dan memperbanyak konten berkualitas berdasarkan target pengunjung blog.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  7 Perbedaan Utama VPS dengan Dedicated Hosting

Dan untuk meningkatkan pendapatan blog dari Google Adsense, kita perlu mencari cara terbaik untuk meningkatkan CPC dan CTR Adsense.

Bagaimana Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense?

1. Niche Situs Blog

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih niche (topik) yang baik untuk situs blog kamu. Beberapa niche (topik) yang biasanya memiliki CPC tinggi adalah :

  • Internet Marketing
  • Blog Development
  • Finance / Keuangan
  • Game
  • Kesehatan
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Trik PHP : Cara Instal Laravel 9 di Windows 10/11

Niche (topik) di atas akan memiliki CPC lebih tinggi daripada niche (topik) lainnya.

Jika kamu memutuskan untuk membuat blog pendidikan atau hiburan, kamu tidak akan mendapatkan CPC yang tinggi.

Berapapun banyaknya yang ingin kamu hasilkan dari Google AdSense, pertama-tama kamu harus fokus memilih niche (topik) blog yang bisa memberi kamu peluang untuk menghasilkan uang besar untuk jangka panjang.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  11 Faktor Utama ini yang Menentukan Google Ranking (Update 2021)

Jika salah memilih niche (topik) yang tepat, kamu akan berat untuk meningkatkan penghasilan Google AdSense dari blog kamu.

2. Temukan Keyword yang Tepat dan Menguntungkan

Ingin tahu cara meningkatkan CTR AdSense? Buat dulu daftar semua keyword yang menguntungkan dan gunakan saat kamu membuat konten untuk blog kamu.

Caranya bagaimana? Caranya dengan riset keyword.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Membuat Akun Bisnis di Facebook dengan Benar Agar Aman dari Pembatasan

Riset keyword adalah teknik mencari keyword yang menguntungkan yang nantinya digunakan dalam membuat sebuah artikel. Berikut adalah beberapa tips untuk riset keyword.

  • Cek keyword kompetitor yang berkinerja baik. Ini merupakan salah satu metode untuk meningkatkan CTR dan CPC AdSense, yaitu dengan menemukan semua keyword yang digunakan oleh blog berpenghasilan tinggi kemudian digunakan di blog kamu. Kamu bisa gunakan ahrefs, SEMrush atau app.neilpatel.com. Metode ini dapat membantu kamu menemukan keyword terbaik dari niche apa pun.
  • Selalu gunakan Longtail Keyword (keyword panjang), yang memudahkan untuk menentukan peringkat dan meningkatkan trafik pencarian google ke blog kamu. Kamu dapat membuat banyak konten menggunakan keyword panjang.
  • Pastikan kamu menemukan dan menggunakan keyword dengan volume pencarian global antara 1000 dan 2000 per bulan. Menggunakan keyword kompetitif rendah dapat membantu meningkatkan CPC blog kamu.
  • Keyword rich content (konten keyword mahal). Sebelum membuat konten baru, pastikan untuk melakukan riset keyword. Setelah kamu menemukan keyword utama dan sekunder untuk blog kamu, mulailah membuat konten. Dengan cara ini kamu dapat meningkatkan trafik pencarian blog kamu dan meningkatkan CPC serta CTR AdSense.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Tips Belajar SEO untuk Pemula : Pahami 4 Teknik Dasar SEO

3. Tempatkan Kode Iklan yang Mendorong Pengunjung Untuk Mengklik

Penempatan iklan juga merupakan kunci untuk meningkatkan CTR dan CPC AdSense. Lokasi penempatan iklan di desain blog kamu akan punya peran besar dalam meningkatkan CTR dan CPC AdSense.

Beberapa posisi yang seringkali pengunjung klik di blog kamu adalah :

  • Di bawah header
  • Di bawah judul artikel
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Trik PHP : Cara Instal Laravel 9 di Windows 10/11

Namun saat ini Google Adsense menawarkan Auto Ads, yaitu iklan otomatis yang ditempatkan google dengan menyesuaikan struktur blog kamu.

4. Konten Berkualitas dan Dicari Pengunjung

Konten berkualitas adalah artikel yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Ketika blog kamu tidak sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung, maka pengunjung akan meninggalkan blog kamu. Situs blog yang menghasilkan lebih banyak pendapatan dari AdSense akan membuat konten yang relevan dan berkualitas bagi pengunjung.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  4 Langkah Mudah Membuat Online Shop di HP Gratis

Satu hal yang perlu diingat adalah kamu hanya boleh menulis konten sesuai niche (topik) dari blog kamu. Jika kamu menulis tentang niche (topik) yang tidak terkait, maka CTR Google Adsense akan turun. Kamu bahkan kehilangan banyak pengguna ketika mereka mengunjungi situs blog kamu untuk melihat konten terbaru, tetapi artikel tersebut tidak terkait dengan niche (topik) blog kamu.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  15 Hosting Web Gratis Terbaik 2021 Tanpa Koding

5. Buatlah Landing Pages yang Rapi

Landing Pages adalah halaman yang dibuat untuk ditampilkan kepada pengunjung blog sesuai target.

Apa yang pertama kali dilihat oleh pengunjung blog? Mereka terlebih dahulu memperhatikan bagian atau desain situs blog kamu. Jika desain kamu berantakan dan terlihat berisi spam, mereka akan langsung keluar. Jadi, jangan membuat desain yang berantakan hanya untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dari iklan kamu, ini dapat menurunkan tingkat konversi kamu.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Tips Belajar SEO untuk Pemula : Pahami 4 Teknik Dasar SEO

Beberapa tips dan trik yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan CTR dan CPC AdSense kamu melalui Landing Pages blog kamu adalah sebagai berikut:

  • Buat Landing Pages yang tidak mencolok, tidak terlalu ramai. Semakin sedikit gangguan tampilan yang kamu berikan, semakin banyak manfaat yang kamu dapatkan.
  • Gunakan Theme / Template blog yang bersih dan cocok dengan niche (topik) blog kamu.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  7 Perbedaan Utama VPS dengan Dedicated Hosting

6. Lokasi Pengunjung

Lokasi pengunjung blog kamu (tempat-tempat geometris seperti Indonesia, USA, UK, dll.) juga sangat penting dan cukup menentukan dalam peningkatan CTR Google Adsense.

Satu klik dari lokasi AS dapat memberi kamu CPC $1 hingga $5 bahkan bisa lebih, dan klik yang sama dari lokasi Asia hanya $0,01 hingga $1.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Mudah Meningkatkan Domain Authority (DA) & Page Authority (PA) Website

Jika kamu ingin lebih banyak penghasilan AdSense, kamu harus mencari cara untuk meningkatkan trafik di situs blog kamu dari lokasi premium seperti AS, Swiss, dll. Jika kamu menargetkan Asia sebagai target blog kamu, maka kamu harus lebih banyak usaha dalam meningkatkan pendapatan Google Adsense. Karena trafik pengunjung dari AS menghasilkan CPC jauh lebih tinggi dari pengunjung Asia.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Membuat Akun Bisnis di Facebook dengan Benar Agar Aman dari Pembatasan

Berikut adalah beberapa niche (topik) terbaik jika kamu menargetkan pengunjung dari USA:

  • Fitness
  • Technology
  • Games
  • Cooking
  • Real estate
  • Gossip
  • News
  • Entertainment
  • Weight loss etc.

7. Optimasi SEO

Optimasi SEO yang tepat adalah salah satu kunci untuk meningkatkan CPC dan CTR iklan AdSense kamu. Agar konten kamu mendapat peringkat tinggi di mesin pencari Google, gunakan tag judul, subjudul, URL, tag alt gambar, link, dll. Pastikan untuk menggunakan keyword yang kamu targetkan.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  11 Faktor Utama ini yang Menentukan Google Ranking (Update 2021)

Tapi hati-hati saat kamu menggunakan keyword. Karena jika kamu menggunakan keyword yang sama berulang-ulang, Google Crawler mungkin menganggap konten kamu adalah spam dan dapat menurunkan peringkat kamu di Google Search Engine. Gunakan keyword yang relevan yang dapat membantu kamu meningkatkan peringkat kamu di mesin pencari Google.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Mudah Meningkatkan Domain Authority (DA) & Page Authority (PA) Website

Pertanyaan dan Jawaban

1. Apa itu CPC AdSense?

CPC adalah singkatan dari Cost per Click atau Biaya Per Klik. Ini adalah jumlah komisi yang akan kamu terima ketika seseorang mengklik iklan yang ditempatkan di situs blog kamu.

2. Apa itu CTR AdSense?

CTR adalah sngkatan dari Click trough rate atau Rasio Klik-tayang. Ini adalah rasio jumlah klik pada iklan dengan tampilan sebenarnya.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Membuat Akun Bisnis di Facebook dengan Benar Agar Aman dari Pembatasan

3. Berapa Persentase CTR yang Baik?

Menurut HubSpot, CTR rata-rata untuk iklan pencarian (iklan tautan dapat dilihat di SERPs) adalah 1,91% dan untuk iklan bergambar (iklan spanduk sebagian besar terlihat di situs blog) adalah 0,35%.

4. Bagaimana Cara Meningkatkan CPC?

Memilih niche (topik) yang tepat, membuat artikel dengan keyword yang menguntungkan dan menentukan target lokasi pengunjung akan menghasilkan CPC yang lebih tinggi.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Tips Belajar SEO untuk Pemula : Pahami 4 Teknik Dasar SEO

5. Bagaimana Cara Meningkatkan CTR?

Kamu dapat meningkatkan CTR dengan menempatkan kode iklan yang tepat dan menarik sehingga orang akan mengklik iklan tersebut.

 

Daftar Isi