Tips Belajar SEO untuk Pemula : Pahami 4 Teknik Dasar SEO
Tips Belajar SEO untuk Pemula : Pahami 4 Teknik Dasar SEO

Tips Belajar SEO untuk Pemula : Pahami 4 Teknik Dasar SEO

Dalam artikel ini kamu akan mempelajari cara cepat untuk menguasai teknik dasar SEO (Search Engine Optimization) alias Optimasi Situs Pencarian.

Melalui artikel ini, diharapkan kamu dapat dengan cepat memahami tentang SEO (search engine optimization). Di sini kamu akan belajar tentang dasar-dasar SEO khususnya untuk para pemula.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  11 Faktor Utama ini yang Menentukan Google Ranking (Update 2021)

Dan berikut ini tips cepat paham SEO untuk pemula, yang dimulai dengan memahami 4 Teknik Dasar SEO:

1. Prinsip Dasar SEO

Prinsip Dasar dari SEO adalah membuat website kamu menjadi pilihan yang terbaik bagi pengunjung dari suatu kata kunci yang kamu tentukan.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  4 Langkah Mudah Membuat Online Shop di HP Gratis

Ketika kamu mencari informasi di internet, kamu tentu akan mencari website yang sesuai dengan informasi yang kamu cari. Informasi yang kamu tulis dalam sebuah website pada suatu artikel harus sesuai dengan kata kunci yang kamu tentukan.

Bagaimana caranya untuk menjadi website terbaik dari website lainnya?

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  15 Hosting Web Gratis Terbaik 2021 Tanpa Koding

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan Prinsip Dasar SEO, yaitu:

  1. Konten Website. Konten atau artikel merupakan dasar dan inti dari SEO. Artikel harus sesuai dengan kata kunci yang ditentukan. Konten suatu website harus berkualitas bagi pengunjung yang membaca.
  2. Kepuasan Pengunjung.  Pengunjung merupakan penentu dan penilai website kamu, apakah website kamu berkualitas atau tidak. Oleh karena itu, kepuasan pengunjung dan user experience harus diutamakan.
  3. Kecepatan Website. Pengunjung selalu mengharapkan website yang dapat muncul sempurna dengan cepat. Jadi, pastikan website kamu menggunakan server yang memiliki performa terbaik sehingga bisa menyajikan konten website lebih cepat. Disamping itu, server yang cepat akan lebih mudah untuk index oleh google.
  4. Struktur dan Navigasi. Website yang bagus, akan memiliki struktur dan navigasi yang jelas. Dengan begitu, akan mudah untuk di-crawling oleh google.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Mudah Meningkatkan Domain Authority (DA) & Page Authority (PA) Website

2. SEO On-Page

Seo On-Page adalah optimasi suatu halaman  website dengan cara menyusun kalimat, menentukan internal link dan external link, menata heading dan lain-lain dalam sebuah halaman. Penyusunan halaman ini disesuaikan dengan kata kunci yang kamu inginkan.

SEO On-Page meliputi :

  1. Server. Server atau hosting menjadi hal yang utama untuk mengukur efektifitas SEO On-Page. Server juga dapat menentukan kecepatan suatu website dan akan mudah di-index oleh google. Untuk dapat meningkatkan performa kecepatan website kamu, gunakan test load speed milik google. Untuk lebih detail tentang server, kamu bisa baca artikel sebelumnya Tanya Jawab Seputar Dedicated Server, Kelebihan dan Kekurangannya.
  2. CMS (Content Management System). Buat kamu para pemula, sebaiknya gunakan CMS WordPress. Disamping WordPress lebih mudah dipelajari, CMS ini juga lebih mudah untuk dioptimasi.
  3. Konten. Konten yang sesuai dengan kaidah penulisan SEO juga bagian dari efektifitas SEO On-Page. Oleh karena itu, kamu harus memahami teknik SEO dalam membuat sebuah artikel.
  4. Template/Theme. Agar sesuai dengan struktur data dan navigasi yang search engine inginkan, kamu harus menggunakan template/theme website yang tepat. Kamu bisa cek struktur website kamu menggunakan tools check struktur data website dari  google apakah terdapat hal-hal yang harus diperbaiki atau tidak.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Tanya Jawab Seputar Dedicated Server, Kelebihan dan Kekurangannya

3. SEO Off-Page

SEO Off-Page adalah optimasi yang dilakukan menggunakan faktor luar dan tidak berhubungan langsung dengan website kamu. SEO Off-Page kebalikan SEO On-Page yang merupakan optimasi dari bagian dalam website kamu.

SEO Off-Page meliputi :

  1. Backlink/link buildingBacklink adalah teknik optimasi suatu website dengan cara membuat link eksternal dari website lain menuju website kamu. Artinya, di website lain terdapat link yang mengarah ke website kamu. Dan ini akan menjadi nilai tambah suatu website dimata search engine.
  2. Sosial Signal/Social Sharing. Social Signal merupakan optimasi suatu website dengan cara melakukan share ke media sosial untuk mendatangkan banyak pengunjung. Cara ini biasanya banyak diterapkan oleh pemula yang masih Belajar SEO. Karena cara ini lebih mudah dan dapat dilakukan secara gratis.
  3. Branding. Teknik branding merupakan salah satu teknik SEO dimana kamu menciptakan suatu brand agar website kamu mudah dikenali oleh pengunjung. Teknik ini cukup efektif bila kamu memiliki modal yang cukup untuk melakukan branding suatu website.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Trik PHP : Cara Instal Laravel 9 di Windows 10/11

4. Riset Keyword

Riset keyword merupakan hal yang sangat penting dan harus dipahami saat belajar SEO bagi pemula.

Riset Keyword adalah teknik untuk mengetahui sebuah kata kunci apakah memiliki banyak pencarian atau tidak. Dan kamu juga bisa mengetahui bagaimana kompetisi pencarian keyword tersebut serta apakah kompetisinya rendah atau tinggi.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Membuat Akun Bisnis di Facebook dengan Benar Agar Aman dari Pembatasan

Jika tinggi kompetisi suatu keyword, artinya ketika kita mencari kata kunci tersebut di search engine, muncul banyak website lain yang memiliki kata kunci yang sama. Nah, ini akan sulit untuk dapat ditaklukan untuk berada di halaman pertama. Oleh karena itu, kamu bisa tahu kata kunci mana yang bisa digunakan ketika kamu akan membuat sebuah artikel.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  7 Perbedaan Utama VPS dengan Dedicated Hosting

Untuk bisa riset keyword, kamu bisa menggunakan tool gratis dari Neil Patel yang cukup bagus untuk riset. Silakan kunjungi situs Ubbersuggest milik neil patel dan cobalah untuk melakukan riset keyword.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.