Klik Tombol Hijau / Biru
Untuk Download / Install Aplikasi


Teknik Menabung Saham untuk Pemula Walau Gaji UMP
Teknik Menabung Saham untuk Pemula Walau Gaji UMP

Teknik Menabung Saham untuk Pemula Walau Gaji UMP

OKEDATA.COM – Masih pemula ingin mencoba investasi menabung saham? Simak dulu penjelasan berikut tentang pengetahuan dasar cara menabung saham.

Kali ini kami akan memberikan informasi yang diujukan untuk pemula dalam hal menabung saham. Analisa disampaikan untuk tujuan investasi jangka panjang bukan untuk trading jangka pendek. Analisa berikut disampaikan untuk informasi bukan untuk rekomendasi sekuritas atau saham tertentu.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Investasi : Apa itu Investasi dan apa Tujuannya?

Apa itu Saham?

Saham adalah bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan sesuai proporsi saham yang kita miliki. Jika memiliki saham ini berarti kita tercatat sebagai salah satu pemegang saham. Kita bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham dan juga dari pembagian dividen. Pada jaman dulu sertifikat saham dicetak berbentuk fisik dan dapat disimpan. Namun kini saham berupa transaksi elektronik yang tercatat di Bursa Efek dan di smartphone kita.

Klik Tombol Hijau / Biru
Untuk Download / Install Aplikasi

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Investasi Jangka Pendek Apa yang Cocok Untuk Pemula?

Apa itu Menabung Saham?

Menabung Saham yaitu investasi saham yang dilakukan secara rutin setiap bulan dan konsisten dalam jangka waktu Panjang. Seperti konsep menabung dengan menyisihkan simpanan atas pendapatan rutin setiap bulan. Sama seperti investasi pada umumnya, nabung saham juga tetap memiliki nilai resiko.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Cara Mudah Menjadi Dropshipper Tokopedia yang Sukses

Berapa Modal Minimal Membeli Saham?

Minimal pembelian saham adalah 1 Lot sama dengan 100 lembar saham sebagai contoh jika harga saham XYZ = Rp 5000/ lembar maka minimal modal untuk membeli adalah Rp 500.000.

Berapakah Nominal untuk Menabung Saham?

Berapapun bisa, kita bisa menabung saham dari Rp 1 juta per bulan, Rp 500 ribu per bulan, atau Rp 100 ribu per bulan sesuai dengan kemampuan kita masing- masing. Jangan pernah kita berhutang untuk menabung saham. Untuk pemula disarankan untuk memulai menabung saham dengan nominal yang tidak terlalu besar.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Membuat Akun Bisnis di Facebook dengan Benar Agar Aman dari Pembatasan

Dimana Bisa Membeli Saham?

Kita bisa membeli saham di perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar dan mendapatkan ijin resmi dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan terlebih dulu membuka rekening saham. Adapun syarat untuk membuka rekening saham yaitu sangat mudah hanya perlu mempersiapkan KTP, NPWP, dan Buku Tabungan. Membuka rekening saham bisa dilakukan dengan dua acara yaitu dengan cara online dengan setoran awal minimal Rp 100 ribu ataupun datang langsung ke kantor cabang sekuritas terdekat. Untuk pemula saham yang direkomendasikan untuk dibeli adalah sebagai berikut

  1. Pilih perusahaan yang bergerak dalam sektor yang aman untuk ditabung dalam waktu jangka Panjang. Dalam 3 tahun terakhir sector perbankan dan consumer adalah yang paling aman
  2. Pilih saham perusahaan dengan kapitalisasi pasar besar. Semakin besar perusahaan maka semakin kuat dari permainan bandar dan spekulan. Berikut daftar 10 perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar. BBCA, BBRI, HMSP, TLKM, BMRI, ASII, BBNI, GGRM, ICBP. Terdapat juga beberapa pilihan saham-saham Syariah yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada tahun 2011 dewan Syariah Majelis Ulama Indonesia menerbitkan fatwa bahwa penerapan prinsip Syariah dalam mekanisme perdagangan efek saham Bursa Efek Indonesia (BEI). Investasi saham Syariah di BEI dinyatakan sesuai prinsip Syariah.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  6 Perbedaan Utama Trading Forex dengan Saham

Apakah IHSG Selalu Naik Setiap Tahun?

Sayangnya tidak selalu setiap tahun IHSG bergerak naik, hal ini disebabkan karena ada beberapa factor internal maupun eksternal perusahaan serta adanya sentiment dari dalam dan luar negeri.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan oleh Pemula Saat Menabung Saham?

  1. Jangan mudah percaya pada statement Trading for living.
  2. Jangan percaya stop loss atau saham nyangkut
  3. Jangan terlalu sering melihat fluktuasi harga saham. Ingat bahwa tujuan investasi adalah untuk jangka panjang.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Lowongan Kerja di Bank BNI Untuk Lulusan S1 dan S2

Demikian Teknik Menabung Saham untuk Pemula Walau Gaji UMP, semoga bermanfaat.