Klik Tombol Dibawah
Untuk Download / Install Aplikasi


Review HT Baofeng UV-5R - Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan
Review HT Baofeng UV-5R - Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan

Review HT Baofeng UV-5R : Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan

Review HT Baofeng UV-5R : Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan – Pada tahun 2012, Baofeng merilis model UV-5R, yang menampilkan fitur dual-band dan display. Model tersebut telah sukses besar sejak pertama kali dirilis. Perangkat Baofeng ini adalah radio HT murah yang cukup membantu untuk para pemula.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Cara Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark

Jika kamu seorang profesional, ini bisa digunakan sebagai radio cadangan dengan jaringan yang cukup andal. Sudah banyak yang mengatakan bahwa Baofeng ini sebagai handy talkie berbiaya rendah namun kaya fitur. Berikut ini Review HT Baofeng UV-5R yang akan membahas Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan HT tersebut.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Review Lengkap HT Icom IC-V80: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Spesifikasi

Merk : Baofeng
Output daya: 4 Watt
Rentang frekuensi: 65-108 MHz, 136-174 MHz, 400-480 MHz
Baterai: Li-ion 1.800 mAh
Ukuran: 3,94×2,05×1,26 inci
Berat: 0,55 lb
Tahan air: tidak
Lisensi yang dibutuhkan: ya (lisensi amatir / FCC)

Klik Tombol Hijau / Biru
Untuk Download / Install Aplikasi

Kelengkapan

Dalam box saat pembelian Baofeng UV-5R dilengkapi dengan:

  1. Baterai Li-ion 1.800 mAh
  2. Antena Pita UV
  3. Pengisi Daya Desktop
  4. Adaptor
  5. Headphone
  6. Tali pergelangan tangan
  7. Klip sabuk
  8. Panduan pengguna
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Teknik Menabung Saham untuk Pemula Walau Gaji UMP

Jadi kamu mendapatkan semua yang kamu butuhkan.

Pengoperasioan

Untuk frekuensi pemula, model tersebut legal dan tidak memerlukan sertifikasi. Radio Baofeng ini dapat mentransmisikan dalam bandwidth sempit dan lebar. Di balik semua fitur hebatnya, pemrograman perangkat radio HT Baofeng UV-5R ini relatif mudah dan sangat ramah pengguna.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  7 Aplikasi Penghasil Uang 2021 [UPDATE]

Di bawah ini adalah prosedur langkah demi langkah untuk memprogram saluran simpleks secara manual:

  • Langkah 1: Tekan opsi Variable Frequency Oscillator/Memory dan masuk ke Mode Frekuensi.
  • Langkah 2: Pilih Sisi-A di bagian atas dengan menekan [A/B]. Handler harus menggunakannya untuk mengkonfigurasi saluran radio, dan semua data yang diprogram B Side tidak akan disimpan.
  • Langkah 3: Lanjutkan ke opsi [BAND] dan alihkan untuk memilih antara 136 MHz (VHF) dan 470 MHz (UHF). Jika band salah dipilih untuk input frekuensi pada Langkah 5, maka operasi secara otomatis akan dibatalkan.
  • Langkah 4: Nonaktifkan TDR (pemantauan 2 frekuensi) di [MENU] 7. Yang terbaik adalah mematikan TDR saat memprogram langsung dari radio.
    Langkah 5: Masukkan frekuensi ke perangkat.
  • Langkah 6: Masukkan Continuous Tone-Coded Squelch System [CTCSS] di (MENU 13) atau Continuous Digital-Coded Squelch System [DCS] di (MENU 12) kode atau lewati.
  • Langkah 7: Masuk ke saluran dengan memasukkan nomor saluran di [MENU] 27.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Aplikasi Jual Foto, iStock: Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Hobi Fotografi Kamu

Tahan air

Sayangnya, terlepas dari fitur dan kemampuan hebat dari produk ini, Baofeng UV-5R tidak tahan air. Oleh karena itu, jauhkan perangkat ini dari terkena air yang berlebihan.

Sumber daya

Baofeng UV-5R menggunakan Baterai Lithium-ion 1.800 mAh. Pada saat RX aktif ini akan bertahan 6 jam dan saat siaga bisa bertahan sekitar 20 jam.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Cara Mudah Memulai Investasi Bitcoin, Cryptocurrency Paling Populer

Jangkauan

Baofeng UV-5R merupakan transceiver, yang berarti dapat mengirim dan menerima data. Jarak tempuhnya sekitar 10–20 kilometer dengan baterai terisi penuh. Namun jarak tempuh tersebut dipengaruhi oleh seberapa besar rintangannya. Jangkauan ketika kita menggunakan HT dalam gedung tentu saja berbeda dengan saat kita menggunakannya di area luar yang bebas hambatan.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Foto-foto Terlaris di Adobe Stock dan Cara Meningkatkan Pendapatan

Frekuensi

Output Power HT Baofeng UV-5R ini mencapai 4 watt dan memiliki rentang frekuensi 136 hingga 174 MHz dan 400 hingga 480 MHz. Bentuk HT kecil dan murah dengan pita penerima VHF mulai dari 65 hingga 108 MHz, termasuk pita siaran modulasi frekuensi standar.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Usia Berapakah yang Tepat untuk Mulai Investasi?

Fitur

Produk Baofeng ini memiliki 50 Continuous Tone Coded Squelch System (CTCSS) dan 104 Digital-Coded System (DCS) display, double-banded. Selain itu juga HT Baofeng UV-5R ini dilengkapi sistem radio dua arah dengan desibel tinggi dan rendah per daya miliwatt. UV-5R menggunakan Numerical Lock System yang mencegah perangkat dari risiko malfungsi karena akses yang tidak sah atau salah saat tidak digunakan.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Lowongan Kerja di Bank BNI Untuk Lulusan S1 dan S2

Selain itu, radio dua arah ini memiliki LCD besar yang jernih dengan lampu latar tiga warna yang dapat kamu pilih. Fitur  lainnya termasuk sinyal bahaya, Senter LED, Daya frekuensi radio yang dapat dialihkan Tinggi dan Rendah. Fitur-fitur ini didukung dengan program dukungan manual, membuatnya tidak terlalu repot saat kita setting di PC.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Mudah Menyadap WA Tanpa Perlu Instal Aplikasi Penyadap

Dan HT ini mendukung penggunaan software CHIRP, yaitu software gratis yang dirancang khusus untuk setting radio.

Harga

Harga HT Baofeng UV-5R berkisar 200 ribuan. Dibandingkan dengan jenis walkie talkie lainnya, Baofeng UV-5R sangat cocok karena harganya yang terjangkau dengan kualitas yang sangat baik dan tahan lama.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Review Lengkap Baofeng BF-888S: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya
Harga HT Baofeng UV-5R
Harga HT Baofeng UV-5R

Kelebihan

  1. Kualitas suara yang bagus.
  2. Baterai yang kuat, tahan goncangan dan tahan lama.
  3. Instruksi yang dapat diakses gratis dan manual yang lengkap.
  4. Harga yang sangat terjangkau sebagai radio pemula/walkie talkie.
  5. Double Amplifier yang kuat.
  6. Walkie-talkie dengan Dual-Band Display, Dual Frequency, Display, dan Dual-Standby.
  7. Dapat diprogram dengan PC.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Cara Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark

Kekurangan

  1. Tidak tahan air.
  2. Tidak aman jika terlalu sering jatuh.
  3. Konfigurasi perangkat dapat menjadi tantangan, terutama bagi pengguna baru.
  4. Radio ini berjalan hanya pada jangkauan penggunaan radio amatir.
  5. Karena band radio amatir, idealnya diperlukan lisensi radio amatir untuk mentransmisikan.
  6. Tidak disarankan untuk penggunaan komersial.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Aplikasi Nonton Anime Terbaik dengan Subtitle Indonesia [DOWNLOAD GRATIS]

Kesimpulan – Review Baofeng UV-5R

Baofeng UV-5R merupakan radio dengan harga yang terjangkau namun memiliki spesifikasi yang mumpuni. Baofeng UV-5R adalah unit fleksibel yang dapat digunakan sebagai unit cadangan untuk para profesional atau unit untuk pemula yang tidak ingin menghabiskan banyak uang. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, seperti yang dijelaskan, secara keseluruhan dari Baofeng UV-5R ini adalah radio yang layak dibeli. HT Baofeng UV-5R ini mungkin bukan perangkat HT terbaik, tetapi tidak diragukan lagi ini adalah HT murah dengan kwalitas yang mewah.