Klik Tombol Dibawah
Untuk Download / Install Aplikasi


Review Lengkap HT Icom IC-V80: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Review Lengkap HT Icom IC-V80: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Review Lengkap HT Icom IC-V80: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya – Handy Talkie Icom IC-V80 adalah alat komunikasi portabel yang bisa dipakai di area terbatas atau di tempat terbuka. Alat ini digunakan oleh banyak orang dari kalangan pekerja lapangan hingga pemilik kendaraan. Handy Talkie Icom IC-V80 sangat membantu untuk mempermudah komunikasi antar tim. Alat ini memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi, tidak hanya itu, Handy Talkie Icom IC-V80 juga sangat mudah digunakan dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa kemana saja.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Xbox : Pengujian Fitur Baru di Konsol dan PC

Handy Talkie Icom IC-V80 sangat cocok digunakan untuk kegiatan outdoor, seperti hiking, camping, dan kegiatan lainnya. Alat ini dapat membantu kamu dalam berkomunikasi dengan teman atau keluarga ketika sedang menjelajahi alam bebas. Handy Talkie Icom IC-V80 memiliki daya tahan yang kuat dan juga tahan air, sehingga alat ini dapat digunakan di lingkungan yang ekstrem dan dalam cuaca buruk sekalipun. Selain itu, Handy Talkie Icom IC-V80 memiliki jangkauan yang cukup luas, sehingga kamu dapat tetap terhubung dengan teman atau keluarga ketika berada di tempat yang jauh.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Apa Beda Handy Talky (HT) dengan Walkie Talkie dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Handy Talkie Icom IC-V80 juga memiliki desain yang ergonomis dan mudah digunakan. Alat ini memiliki tombol-tombol yang terletak di tempat yang mudah dijangkau dan terdapat layar yang jelas untuk menampilkan informasi. Selain itu, Handy Talkie Icom IC-V80 juga memiliki beberapa fitur tambahan, seperti lampu senter dan FM radio, yang dapat membantu kamu dalam situasi darurat atau ketika sedang ingin mendengarkan musik.

Klik Tombol Hijau / Biru
Untuk Download / Install Aplikasi

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Review Lengkap Kenwood TH-K20A: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Spesifikasi Handy Talkie Icom IC-V80

Berikut adalah spesifikasi teknis Handy Talkie Icom IC-V80:

  1. Frekuensi:
    TX: 144 – 148 MHz, 136 – 174 MHz
    RX: 136 – 174 MHz
  2. Jumlah kanal: 207 (200 memori + 7 kanal PMR446)
  3. Tipe baterai:
    Baterai Li-ion BP-265 7,4 V/1900 mAh (standar)
    Baterai Ni-MH BP-264 7,2 V/1400 mAh (opsional)
  4. Daya output:
    Tinggi: 5,5 W
    Sedang: 2,5 W
    Rendah: 0,5 W
  5. Tahan air: IP54 (tahan percikan air dari segala arah)
  6. Jangkauan: tergantung pada kondisi lingkungan dan kondisi baterai, biasanya 1-2 km dalam kota dan hingga 5 km di daerah terbuka
  7. Ukuran: 58 x 112 x 30 mm
  8. Berat: 360 g (termasuk baterai dan antena)
  9. Fitur tambahan:
    CTCSS dan DTCS encoder/decoder
    DTMF encoder
    Auto power off
    Squelch
    Time-out timer (TOT)
    Scrambler (opsional)
    Lampu senter dan FM radio
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Aksesoris Gaming Terbaik Yang Diluncurkan di E3 2021

Dengan spesifikasi teknis yang unggul, Handy Talkie Icom IC-V80 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan komunikasi kamu. Jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk penggunaan dan merawat alat dengan baik agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kelebihan dan Kekurangan HT Icom IC-V80

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Handy Talkie Icom IC-V80:

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Memperbaiki Baofeng UV-5R Yang Berhenti Menerima Sinyal Setelah Upload File CHIRP

Kelebihan:

  1. Daya output yang tinggi: Dengan daya output mencapai 5,5 W, Handy Talkie Icom IC-V80 mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan HT lainnya yang hanya memiliki daya output yang lebih rendah.
  2. Tahan air: Handy Talkie Icom IC-V80 memiliki standar tahan air IP54 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dari segala arah. Hal ini membuat alat ini bisa digunakan di luar ruangan tanpa khawatir rusak karena terkena air.
  3. Fitur tambahan: Icom IC-V80 dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti CTCSS dan DTCS encoder/decoder, DTMF encoder, auto power off, squelch, time-out timer (TOT), serta lampu senter dan FM radio. Fitur-fitur ini tentu saja memudahkan pengguna dalam menggunakan HT ini.
  4. Audio yang jernih: Icom IC-V80 dilengkapi dengan fitur clear audio, sehingga suara yang dihasilkan sangat jernih dan mudah dipahami oleh penerima.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Review Lengkap Baofeng BF-888S: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan:

  1. Ukuran yang besar: Icom IC-V80 tergolong cukup besar dengan ukuran 58 x 112 x 30 mm dan berat mencapai 360 g (termasuk baterai dan antena). Hal ini membuatnya agak sulit untuk dibawa-bawa dalam keadaan yang tidak memungkinkan.
  2. Harga yang cukup mahal: Dibandingkan dengan HT lainnya, harga Handy Talkie Icom IC-V80 tergolong cukup mahal. Hal ini bisa menjadi kendala bagi sebagian orang yang memiliki budget terbatas.
  3. Sulit untuk dioperasikan: Handy Talkie Icom IC-V80 memang dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang bermanfaat, namun hal ini membuatnya cukup sulit untuk dioperasikan oleh orang yang tidak terbiasa menggunakan HT.
  4. Meski memiliki kekurangan, Handy Talkie Icom IC-V80 tetap menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk kebutuhan komunikasi kamu. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan sebelum membeli HT ini agar kamu bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhanmu.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Review Lengkap Motorola GP328: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Merk Lain yang Sebanding dengan Icom IC-V80

Handy Talkie Icom IC-V80 memang merupakan produk yang berkualitas tinggi dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Namun, jika kamu ingin membandingkannya dengan produk dari merk lain, berikut beberapa merk lain yang sebanding dengan Icom IC-V80:

  1. Baofeng UV-5R: HT ini memiliki daya output 4 W dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti CTCSS/DCS, VOX, FM radio, lampu senter, serta bisa digunakan sebagai alat pemindai (scanner).
  2. Yaesu FT-60R: HT ini memiliki daya output 5 W dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti CTCSS/DCS, DTMF, VOX, lampu senter, serta bisa digunakan sebagai alat pemindai (scanner).
  3. Kenwood TH-K20A: HT ini memiliki daya output 5,5 W dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti CTCSS/DCS, DTMF, VOX, lampu senter, serta bisa digunakan sebagai alat pemindai (scanner).
  4. Motorola Talkabout T460: HT ini memiliki daya output 0,5 W – 2 W dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti NOAA weather alerts, VOX, hands-free, serta tahan air dan debu dengan standar IP54.
  5. Midland GXT1000VP4: HT ini memiliki daya output 5 W dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti NOAA weather alerts, VOX, hands-free, serta tahan air dan debu dengan standar JIS4.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Review Lengkap Motorola CP1660: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempertimbangkan kebutuhanmu sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari produk di atas. Pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhanmu dan budget yang dimiliki.

FAQ

  1. Q: Apakah Handy Talkie Icom IC-V80 memiliki jangkauan yang cukup luas?
    A: Ya, Handy Talkie Icom IC-V80 memiliki jangkauan yang cukup luas sehingga kamu dapat tetap terhubung dengan teman atau keluarga ketika berada di tempat yang jauh.
  2. Q: Apa saja fitur tambahan yang dimiliki Handy Talkie Icom IC-V80?
    A: Handy Talkie Icom IC-V80 dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti lampu senter dan FM radio, yang dapat membantu kamu dalam situasi darurat atau ketika sedang ingin mendengarkan musik.
  3. Q: Apakah Handy Talkie Icom IC-V80 sulit digunakan?
    A: Tidak, Handy Talkie Icom IC-V80 memiliki desain yang ergonomis dan mudah digunakan. Alat ini memiliki tombol-tombol yang terletak di tempat yang mudah dijangkau dan terdapat layar yang jelas untuk menampilkan informasi.
  4. Q: Apakah Handy Talkie Icom IC-V80 bisa digunakan untuk kegiatan olahraga air?
    A: Handy Talkie Icom IC-V80 tahan air dan tahan guncangan, sehingga alat ini bisa digunakan untuk kegiatan olahraga air, seperti menyelam atau berperahu. Namun, pastikan kamu menggunakan alat ini dengan benar dan mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan.
  5. Q: Apakah Handy Talkie Icom IC-V80 bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang di luar negeri?
    A: Handy Talkie Icom IC-V80 menggunakan frekuensi UHF dan VHF, sehingga jangkauannya terbatas di wilayah tertentu. Untuk berkomunikasi dengan orang di luar negeri, kamu perlu menggunakan alat yang mendukung frekuensi internasional, seperti satelit phone.
  6. Q: Apakah Handy Talkie Icom IC-V80 sulit digunakan?
    A: Tidak, Handy Talkie Icom IC-V80 sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu memasang baterai, mengatur frekuensi, menekan tombol PTT, dan mengatur volume suara.
  7. Q: Berapa jarak jangkauan Handy Talkie Icom IC-V80?
    A: Jangkauan Handy Talkie Icom IC-V80 bergantung pada kondisi lingkungan sekitar, namun bisa mencapai jarak hingga 5 km.
  8. Q: Apakah Handy Talkie Icom IC-V80 tahan air?
    A: Ya, Handy Talkie Icom IC-V80 tahan air dan tahan guncangan.
  9. Q: Berapa harga Handy Talkie Icom IC-V80?
    A: Harga Handy Talkie Icom IC-V80 bervariasi tergantung pada tempat dan penjual, namun biasanya dibanderol dengan harga sekitar 1,5 juta hingga 2 juta rupiah.
  10. Q: Apakah Handy Talkie Icom IC-V80 bisa digunakan untuk kegiatan outdoor?
    A: Ya, Handy Talkie Icom IC-V80 sangat cocok digunakan untuk kegiatan outdoor, seperti hiking, camping, dan kegiatan lainnya.
  11. Q: Apakah Handy Talkie Icom IC-V80 bisa digunakan untuk komunikasi dalam kendaraan?
    A: Ya, Handy Talkie Icom IC-V80 bisa digunakan untuk komunikasi dalam kendaraan. Namun, pastikan kamu menggunakan alat ini dengan benar dan tidak mengganggu pengemudi dan penumpang lainnya.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Kelebihan, Kekurangan dan Cara Merawat Radio HT Agar Awet

Kesimpulan

Handy Talkie Icom IC-V80 adalah alat komunikasi yang sangat berguna untuk kegiatan outdoor maupun dalam ruangan. Dengan fitur tahan air, tahan guncangan, dan jangkauan yang cukup luas, alat ini memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga dengan mudah, bahkan dalam lingkungan yang ekstrem. Selain itu, desain ergonomis alat ini membuatnya mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang bermanfaat, seperti lampu senter dan FM radio.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cartridge Video Game Nintendo 'Super Mario' Terjual Seharga 1,5 Juta Dollar

Sebelum membeli Handy Talkie Icom IC-V80, kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor penting, seperti kualitas, daya tahan baterai, dan harga yang sesuai dengan fitur yang diberikan. Pastikan juga kamu menggunakan alat ini dengan benar dan sesuai petunjuk penggunaan, terutama jika kamu ingin menggunakannya dalam kendaraan.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Kelebihan, Kekurangan dan Cara Merawat Radio HT Agar Awet

Official website: https://www.icomamerica.com