Klik Tombol Dibawah
Untuk Download / Install Aplikasi


Tips Menjual Foto di Shutterstock Agar Laris Manis
Tips Menjual Foto di Shutterstock Agar Laris Manis

Tips Menjual Foto di Shutterstock Agar Laris Manis

Tips Menjual Foto di Shutterstock Agar Laris Manis – Shutterstock adalah salah satu situs stok foto terbesar di dunia. Dengan ribuan fotografer yang bergabung, persaingan untuk menjual foto di Shutterstock cukup sengit. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang penjualan dan membuat foto Anda laris di situs tersebut.

Sebelum kamu perlu memiliki akun Shutterstock Contributor sebelum bisa menjual foto kamu. Pelajari cara menjadi kontributor shutterstock disini Aplikasi Jual Foto Shutterstock: Cara Daftar, Kekurangan dan kelebihannya. Dan ketahui pula foto apa saja yang sedang laris di Shutterstock, cek disini Foto-foto yang Paling Laris Dijual di Shutterstock.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Aplikasi Jual Foto Adobe Stock : Cara Daftar, Kelebihan dan Kekurangannya

Tips Menjual Foto di Shutterstock Agar Laris Manis

Berikut adalah beberapa tips untuk menjual foto di Shutterstock agar laris.

Klik Tombol Hijau / Biru
Untuk Download / Install Aplikasi

1. Mencari Tema yang Populer

Mencari tema yang populer sangat penting untuk meningkatkan peluang penjualan foto di Shutterstock. Sebelum mengambil foto, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu dan mencari tahu tema apa yang sedang populer di situs tersebut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencari tema yang populer di Shutterstock:

  1. Melihat Kategori Foto yang Paling Banyak Dicari
    Anda dapat melihat kategori foto yang paling banyak dicari di situs Shutterstock. Kategori foto tersebut dapat memberikan gambaran tentang tema apa yang sedang populer dan banyak dicari oleh konsumen.
  2. Melihat Foto-Foto yang Paling Banyak Terjual
    Anda juga dapat melihat foto-foto yang paling banyak terjual di Shutterstock. Dengan melihat foto-foto yang paling banyak terjual, Anda dapat memahami tren dan tema apa yang sedang diminati oleh konsumen.
  3. Melihat Media Sosial
    Melihat media sosial juga dapat menjadi cara yang efektif untuk mencari tema yang populer di Shutterstock. Anda dapat melihat akun-akun media sosial dari kontributor lain dan melihat tema apa yang mereka gunakan dalam foto-foto mereka.
  4. Mencari Inspirasi dari Kehidupan Sehari-Hari
    Terakhir, mencari inspirasi dari kehidupan sehari-hari juga dapat menjadi cara yang efektif untuk mencari tema yang populer di Shutterstock. Anda dapat memperhatikan tren atau kejadian yang sedang terjadi di sekitar Anda dan mengambil foto dengan tema tersebut.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Foto-foto yang Paling Laris Dijual di Shutterstock

Dengan mencari tema yang populer di Shutterstock, Anda dapat meningkatkan peluang penjualan foto Anda di situs tersebut. Namun, pastikan untuk tetap mengambil foto dengan kualitas yang baik dan relevan dengan tema yang dipilih.

2. Mengambil Foto dengan Kualitas Tinggi

Kualitas foto adalah hal yang paling penting dalam menjual foto di Shutterstock. Untuk itu, pastikan untuk menggunakan kamera yang baik dan mengambil foto dengan resolusi tinggi. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan pencahayaan, fokus, dan komposisi dalam mengambil foto. Berikut adalah beberapa tips untuk mengambil foto dengan kualitas tinggi:

  1. Gunakan Kamera dengan Resolusi Tinggi
    Pastikan untuk menggunakan kamera dengan resolusi tinggi untuk mengambil foto. Kamera dengan resolusi tinggi akan menghasilkan foto yang jernih dan detail. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan mode pengambilan gambar yang tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  2. Pilih Pencahayaan yang Tepat
    Pencahayaan adalah faktor yang sangat penting dalam mengambil foto yang berkualitas. Pastikan untuk memilih pencahayaan yang tepat dan sesuai dengan tema foto. Anda dapat menggunakan cahaya alami atau lampu studio untuk mendapatkan pencahayaan yang baik.
  3. Perhatikan Fokus dan Komposisi
    Fokus dan komposisi juga sangat penting dalam mengambil foto yang berkualitas. Pastikan untuk memperhatikan fokus dan mendapatkan detail yang jelas pada objek foto. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan komposisi dan memilih sudut yang tepat untuk mengambil foto.
  4. Menggunakan Tripod atau Stabilizer
    Menggunakan tripod atau stabilizer juga dapat membantu Anda mengambil foto yang lebih stabil dan jernih. Dengan menggunakan tripod atau stabilizer, Anda dapat mengurangi getaran kamera dan mendapatkan foto yang lebih jernih.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Aplikasi Pelacak HP Terbaik : Pantau Pasangan dan Keluarga

Dengan mengambil foto dengan kualitas tinggi, peluang penjualan foto Anda di Shutterstock akan semakin meningkat. Pastikan untuk memperhatikan faktor-faktor seperti pencahayaan, fokus, dan komposisi dalam mengambil foto yang berkualitas.

3. Mengedit Foto dengan Profesional

Setelah mengambil foto, pastikan untuk mengeditnya dengan baik sebelum mengunggahnya ke Shutterstock. Anda dapat menggunakan software editing foto seperti Adobe Photoshop atau Lightroom untuk mengedit foto Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengedit foto dengan profesional:

  1. Menghapus Noise
    Noise atau bintik-bintik pada foto dapat mengurangi kualitas foto. Pastikan untuk menghapus noise dengan menggunakan fitur penghapusan noise pada software editing foto. Penghapusan noise akan membuat foto Anda lebih jernih dan detail.
  2. Meningkatkan Kecerahan dan Kontras
    Meningkatkan kecerahan dan kontras dapat membuat foto Anda lebih menarik dan hidup. Pastikan untuk meningkatkan kecerahan dan kontras secara proporsional agar tidak terlalu berlebihan.
  3. Memperbaiki Warna
    Warna yang kurang tepat dapat membuat foto Anda terlihat buram. Pastikan untuk memperbaiki warna pada foto dengan menggunakan fitur penyesuaian warna pada software editing foto.
  4. Memperbaiki Detail
    Memperbaiki detail pada foto dapat membuat foto Anda lebih jernih dan detail. Pastikan untuk memperbaiki detail pada foto dengan menggunakan fitur sharpen pada software editing foto.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Samsung Galaxy A22 5G : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Dengan mengedit foto dengan profesional, Anda dapat meningkatkan kualitas foto Anda dan meningkatkan peluang penjualan di Shutterstock. Pastikan untuk tidak mengedit foto secara berlebihan sehingga tetap sesuai dengan tema dan aslinya.

4. Mendaftar Sebagai Kontributor Shutterstock

Setelah mengambil foto dan mengeditnya dengan baik, Anda dapat mendaftar sebagai kontributor Shutterstock untuk memasarkan foto Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk mendaftar sebagai kontributor Shutterstock:

  1. Membuat Akun
    Langkah pertama untuk mendaftar sebagai kontributor Shutterstock adalah membuat akun di situs Shutterstock. Pastikan untuk memasukkan informasi yang akurat dan lengkap saat membuat akun.
  2. Melengkapi Profil
    Setelah membuat akun, pastikan untuk melengkapi profil Anda dengan benar. Shutterstock akan mengevaluasi profil Anda sebelum menerima Anda sebagai kontributor.
  3. Mengunggah Foto
    Setelah profil Anda lengkap, Anda dapat mulai mengunggah foto Anda ke situs Shutterstock. Pastikan untuk memilih kategori yang tepat dan menggunakan keyword yang relevan agar foto Anda mudah ditemukan oleh konsumen.
  4. Menjaga Kualitas Foto
    Shutterstock akan mengevaluasi kualitas foto Anda sebelum memasukkannya ke dalam situs. Pastikan untuk menjaga kualitas foto Anda dengan mengambil foto yang berkualitas dan mengeditnya dengan baik.
  5. Menentukan Harga Foto
    Anda dapat menentukan harga foto Anda di situs Shutterstock. Pastikan untuk menentukan harga yang sesuai dengan kualitas dan persaingan di situs tersebut.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Aplikasi Jual Foto Getty Images: Cara Daftar, Kelebihan dan kekurangannya

Dengan mendaftar sebagai kontributor Shutterstock, Anda dapat memasarkan foto Anda dan meningkatkan peluang penjualan di situs tersebut. Pastikan untuk mengunggah foto dengan kualitas yang baik dan menjaga kualitas foto Anda dengan baik.

5. Menjaga Keyword yang Relevan

Setiap foto di Shutterstock harus memiliki keyword yang relevan agar mudah ditemukan oleh calon pembeli. Pastikan untuk menjaga keyword yang relevan dengan tema foto dan menggunakan kata kunci yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keyword yang relevan pada foto Anda:

  1. Menggunakan Keyword yang Tepat
    Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang tepat dan relevan dengan tema foto Anda. Gunakan kata kunci yang paling umum digunakan oleh konsumen saat mencari foto dengan tema yang sama.
  2. Menjaga Relevansi dengan Tema Foto
    Pastikan untuk menjaga keyword yang relevan dengan tema foto Anda. Hindari menggunakan kata kunci yang tidak relevan atau terlalu umum sehingga sulit untuk ditemukan oleh calon pembeli.
  3. Menggunakan Kata Kunci yang Spesifik
    Gunakan kata kunci yang spesifik dan fokus pada objek foto Anda. Hal ini akan membuat foto Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli yang mencari foto dengan tema yang sama.
  4. Menjaga Jumlah Keyword yang Sesuai
    Pastikan untuk menjaga jumlah kata kunci yang sesuai pada foto Anda. Terlalu banyak atau terlalu sedikit kata kunci dapat mempengaruhi peluang penjualan foto Anda.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  iPhone 8 Plus : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Dengan menjaga keyword yang relevan pada foto Anda, Anda dapat meningkatkan peluang penjualan di Shutterstock. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang tepat dan relevan dengan tema foto Anda.

6. Memperhatikan Kompetisi

Kompetisi di Shutterstock sangatlah ketat, sehingga Anda perlu memperhatikan faktor ini dalam memasarkan foto Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memperhatikan kompetisi di Shutterstock:

  1. Mencari Tahu Kompetitor Anda
    Mencari tahu kompetitor Anda dapat membantu Anda dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Anda dapat melihat foto-foto yang diunggah oleh kompetitor Anda dan mencari tahu kelebihan dan kekurangan foto Anda dibandingkan dengan mereka.
  2. Menentukan Harga yang Tepat
    Menentukan harga yang tepat dapat membantu Anda bersaing dengan kompetitor Anda. Pastikan untuk menentukan harga yang sesuai dengan kualitas dan persaingan di situs tersebut.
  3. Menjaga Kualitas Foto
    Menjaga kualitas foto Anda sangatlah penting dalam memenangkan persaingan di Shutterstock. Pastikan untuk mengambil foto yang berkualitas dan mengeditnya dengan baik.
  4. Menentukan Strategi Pemasaran yang Efektif
    Menentukan strategi pemasaran yang efektif juga dapat membantu Anda bersaing dengan kompetitor Anda. Anda dapat mempromosikan foto Anda di media sosial atau situs web Anda sendiri untuk meningkatkan peluang penjualan.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Tips Jual Foto di Aplikasi agar Laris dan Harga Jual Mahal

Dengan memperhatikan kompetisi di Shutterstock, Anda dapat meningkatkan peluang penjualan foto Anda di situs tersebut. Pastikan untuk menjaga kualitas foto Anda dan menentukan strategi pemasaran yang efektif agar dapat bersaing dengan kompetitor Anda.

7. Mempromosikan Foto di Shutterstock

Mempromosikan foto Anda di Shutterstock dapat membantu meningkatkan peluang penjualan dan mengalahkan kompetisi. Berikut adalah beberapa tips untuk mempromosikan foto Anda di Shutterstock:

  1. Mempromosikan Foto di Media Sosial
    Anda dapat mempromosikan foto Anda di media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dan menarik untuk menarik perhatian calon pembeli.
  2. Mempromosikan Foto di Situs Web Anda Sendiri
    Mempromosikan foto Anda di situs web Anda sendiri juga dapat membantu meningkatkan peluang penjualan. Anda dapat menampilkan foto-foto Anda di galeri foto pada situs web Anda.
  3. Berpartisipasi dalam Kontes Fotografi
    Berpartisipasi dalam kontes fotografi dapat membantu meningkatkan eksposur foto Anda dan menarik perhatian calon pembeli. Pastikan untuk memilih kontes yang tepat dan relevan dengan tema foto Anda.
  4. Menggunakan Jasa Promosi Shutterstock
    Shutterstock juga menyediakan jasa promosi untuk kontributor yang ingin meningkatkan peluang penjualan foto mereka. Anda dapat menggunakan jasa promosi ini untuk menampilkan foto Anda di halaman utama Shutterstock atau memperoleh penempatan premium di situs tersebut.
  5. Dengan mempromosikan foto Anda di Shutterstock, Anda dapat meningkatkan peluang penjualan dan mengalahkan kompetisi di situs tersebut. Pastikan untuk memilih strategi promosi yang tepat dan relevan dengan tema foto Anda.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  8 Aplikasi Foto Penghasil Uang Terpopuler 2023

8. Mengikuti Tren dan Perkembangan Terbaru

Mengikuti tren dan perkembangan terbaru di dunia fotografi sangatlah penting dalam menjual foto di Shutterstock. Berikut adalah beberapa tips untuk mengikuti tren dan perkembangan terbaru:

  1. Membaca Majalah Fotografi
    Membaca majalah fotografi dapat membantu Anda mengetahui tren dan perkembangan terbaru di dunia fotografi. Anda dapat membaca majalah fotografi yang terkemuka dan mengetahui perkembangan terbaru dalam teknologi dan gaya fotografi.
  2. Mengikuti Komunitas Fotografi
    Mengikuti komunitas fotografi di media sosial atau forum online dapat membantu Anda mengetahui tren dan perkembangan terbaru di dunia fotografi. Anda dapat berdiskusi dengan para fotografer lainnya dan bertukar informasi tentang tren dan perkembangan terbaru.
  3. Mencari Inspirasi dari Fotografer Terkenal
    Mencari inspirasi dari fotografer terkenal juga dapat membantu Anda mengetahui tren dan perkembangan terbaru di dunia fotografi. Anda dapat melihat karya-karya fotografer terkenal dan mencari tahu gaya fotografi yang sedang populer.
  4. Mengikuti Konten Shutterstock
    Mengikuti konten Shutterstock juga dapat membantu Anda mengetahui tren dan perkembangan terbaru di situs tersebut. Anda dapat melihat foto-foto yang sedang populer dan mencari tahu tren apa yang sedang diminati oleh konsumen.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  iPhone 7 Plus : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Dengan mengikuti tren dan perkembangan terbaru di dunia fotografi, Anda dapat meningkatkan kualitas dan relevansi foto Anda di Shutterstock. Pastikan untuk mengikuti sumber-sumber yang terpercaya dan menyeimbangkan antara tren dan gaya pribadi Anda dalam fotografi.

Download Aplikasi Shutterstock Contributor

Untuk mengunduh aplikasi Shutterstock Contributor di perangkat seluler, pengguna dapat mengunjungi Google Play Store untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat iOS. Berikut adalah link untuk mengunduh aplikasi Shutterstock Contributor:

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Foto-foto Terlaris di Adobe Stock dan Cara Meningkatkan Pendapatan
Download Play Store Download App Store