Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia
gsmarena.com

Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia

Harga Oppo Find X3 Pro 5G

Oppo telah resmi meluncurkan seri terbaru Find X yaitu Find X3 Pro 5G (3/6/2021) di Indonesia dengan acara peluncuran online pada hari Kamis. Tak perlu menunggu lama, Oppo langsung membuka keran pre-order di official Oppo store dan sejumlah marketplace partner mulai 3 Juni hingga 18 Juni 2021.

Oppo Find X3 Pro 5G di Indonesia dibanderol Rp 15.999.000 dengan konfigurasi RAM 12 GB dan storage 256 GB. Selama masa pre-order, pembeli berkesempatan menikmati berbagai keuntungan seperti Charger Nirkabel AirVOOC 45W seharga Rp 1.299.000 dan Oppo Enco X TWS seharga Rp 2.199.000.

Spesifikasi Oppo Find X3 Pro 5G

Tubuh: 163.6×74.0x8.3mm, 193g; Kaca depan (Gorilla Glass 5), kaca belakang, bingkai aluminium; IP68 tahan debu/air (hingga 1,5m selama 30 menit).

Layar: 6,70″ LTPO AMOLED, 1B warna, 120Hz, HDR10+, 500 nits (typ), 1300 nits (peak), resolusi 1440x3216px, rasio aspek 20,1:9, 525ppi.

Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm): Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680; Adreno 660.

Memori: 256GB RAM 8GB, 256GB RAM 12GB; UFS 3.1.

OS/Perangkat Lunak: Android 11, ColorOS 11.2.

Kamera belakang: Lebar (utama): 50 MP, f/1.8, 1/1.56″, 1.0µm, PDAF omnidirectional, OIS; Sudut ultra lebar: 50 MP, f/2.2, 110˚, 1/1.56″, 1.0µm, PDAF segala arah; Telefoto: 13 MP, f/2.4, 52mm, 2x optical zoom, 5x hybrid zoom, PDAF; Makro: 3 MP, f/3.0.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  iPhone 7 Plus : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Kamera depan: 32 MP, f/2.4, 26mm (lebar), 1/2.8″, 0.8µm.

Pengambilan video: Kamera belakang: [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps; gyro-EIS; HDR, video 10‑bit; Kamera depan: [email protected]

Baterai: 4500mAh; Pengisian cepat 65W, 40% dalam 10 menit (diiklankan), Pengisian nirkabel cepat 30W, 100% dalam 80 menit (diiklankan), Pengisian nirkabel terbalik 10W, SuperVOOC 2.0, Pengiriman Daya USB.

Lain-lain: Pembaca sidik jari (di bawah layar, optik); speaker stereo; NFC.

Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia
gsmarena.com

Review Oppo Find X3 Pro 5G

Pengantar

Kami telah tumbuh untuk menghargai drive tanpa henti Oppo untuk memecahkan cetakan dan memperkenalkan inovasi yang tidak ortodoks – baik itu kamera putar atau pop-up, panel yang terinspirasi geometri, pengisian cepat VOOC, atau bahkan ponsel bertema sepak bola.

Keunggulan Find X3 Pro terbaru juga terlepas dari inovasi – selain spesifikasi dan desain mutakhir, Find baru juga bertaruh besar pada warna 10-bit dengan mendorong kamera 10-bit dan layar 10-bit ke pastikan Anda melihat apa yang telah Anda tangkap sangat menarik.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Download Aplikasi Pelacak HP Terbaik

Memang, Oppo Find X3 Pro dihadirkan di bawah slogan Awaken Color, yang berarti Anda dapat menangkap dan melihat 1 miliar warna dengan menekan satu tombol – sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan di tempat lain, setidaknya tidak semudah itu.

Ada layar OLED 10-bit 6,7″ melengkung dengan resolusi tinggi dan kecepatan refresh tinggi, sementara di bagian belakang, Anda akan menemukan kuartet kakap yang dapat menangkap dunia di sekitar Anda dengan warna 10-bit.

Seluruh Find X3 Pro dirancang dengan cermat untuk membungkus dua fitur utama ini menjadi satu bodi yang berbentuk luar biasa dan kedap air. Semuanya terlihat dirancang dengan sangat baik, dan lekukan organik di sekitar kamera belakang adalah sesuatu yang belum pernah kita lihat sejauh ini, jadi pujian untuk itu!

Quad-camera di bagian belakang juga menghadirkan kejutan – meskipun terlihat seperti kuartet khas Anda yang lebar/ultrawide/tele/makro, kenyataannya, kamera ini lebih dari sekadar memenuhi mata. Kedua wide snappers menggunakan sensor 50MP Sony IMX 766 yang identik, dengan optik yang berbeda, tentu saja, kemudian kami memiliki tele 13MP 2x, dan kamera mikroskop 3MP dengan pembesaran 60x dan lampu kilat LED di sekeliling semuanya. Kamera mikro akan memungkinkan Anda melihat detail yang tidak terlihat dengan mata telanjang dan terdengar sangat keren di atas kertas. Kami tidak sabar untuk mengujinya. Apakah itu gimmick lain? Mungkin! Tapi buat kami penasaran karena kami belum pernah melihat tipe penembak seperti itu di ponsel mana pun.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

Oppo Find X3 Pro menawarkan chipset Snapdragon 888 terbaik saat ini dengan modem 5G dan dukungan untuk tiga belas band 5G.

Ponsel ini dijual dalam satu konfigurasi, tetapi lebih dari pas untuk flagship – RAM LPDDR5 12GB dengan penyimpanan UFS3.1 256GB.

Anda juga mendapatkan speaker stereo bersertifikasi Dolby Atmos dan baterai besar 4.500mAh dengan pengisian cepat VOOC 65W terbaru. Ia bahkan dapat melakukan pengisian nirkabel cepat dan nirkabel terbalik jika itu yang Anda inginkan.

Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia
gsmarena.com

Sekilas Spesifikasi Oppo Find X3 Pro:

Lihat sekilas spesifikasi ini, dan kami sudah tertarik dengan janji 10-bit dan kamera mikroskop. Kami menghargai Oppo yang memberikan sertifikasi IP68 resmi, dan tampaknya Xiaomi adalah salah satu pembuat besar terakhir yang masih dengan keras kepala menolak untuk mendapatkannya untuk ponselnya.

Find X3 Pro akan dijual di banyak pasar internasional, dan Oppo menawarkan garansi global gratis, yang serupa dengan yang dijanjikan Apple untuk iPhone dan Macbook-nya. Ini adalah salah satu kekhawatiran ketika membeli ponsel Cina, dan kami senang bahwa Oppo meningkatkan permainannya.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Download Aplikasi Resep Masakan Terbaik untuk Android dan iOS

Dan sekarang, tanpa basa-basi lagi, mari kita buka kotak Gloss Black Oppo Find X3 Pro kami.

Unboxing Oppo Find X3 Pro

Tidak seperti Galaksi dan iPhone, Oppo Find X3 Pro hadir dalam kotak ritel besar yang penuh sesak dengan barang-barang. Selain Find X baru, di dalam, Anda juga akan menemukan adaptor daya VOOC 2.0 65W dan kabel USB-A-ke-C dengan nilai 6,5A yang Anda perlukan untuk mencapai watt maksimum.

Bundel ritel juga berisi headset seperti USB-C EarPods dan pelindung hitam yang terbuat dari karet dengan hasil akhir matte yang bagus.

Oppo Find X3 Pro hadir dengan film plastik tipis yang diterapkan di layar, tetapi ini hampir tidak bisa dianggap sebagai pelindung layar. Ada Gorilla Glass 5 yang melindungi layar, jadi Anda terlindungi dengan baik. Film murah ini menjadi kotor dalam hitungan detik, jadi kami sarankan untuk segera melepasnya dan memilih pelindung yang tepat, jika Anda membutuhkannya.

Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia 4
gsmarena.com

Desain dan Kualitas

Tidak dapat disangkal, hal pertama yang akan diperhatikan orang tentang Oppo Find X3 Pro adalah desainnya.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Sementara Oppo baru dibuat berdasarkan buku – yang berarti sandwich kaca dengan bingkai aluminium – ada sesuatu yang memikat tentang lekukan organiknya yang membuat Anda ingin mengambil ponsel ini di tangan Anda dan merasakan materialnya.

Oppo Find X3 Pro menggunakan potongan Gorilla Glass 5 yang sedikit melengkung di bagian depan, dan dengan layar mati, X3 Pro terlihat seperti X2 Pro, dan Anda tidak dapat membedakannya. Tetapi begitu Anda melihat ke belakang, Anda akan langsung mengenali Find X3 Pro karena ini adalah salah satu dari jenisnya.

Find X3 Pro, sama seperti pendahulunya, memiliki peringkat IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air, dan kami senang melihat Oppo tetap berpegang pada sertifikasi resmi ini.

Sebagian besar bagian depan ditempati oleh panel AMOLED QHD 120Hz 6,7″. Layar tidak melengkung; ini adalah kaca yang telah melengkung di sekitar sisi yang lebih panjang. Bezelnya sangat tipis, dan kami telah belajar untuk hidup dengan baik lubang kecil seperti yang ada di Find X3 Pro.

AMOLED mengesankan di atas kertas, bukan hanya karena resolusi 1440p dan kecepatan refresh 120Hz, tetapi karena mendukung warna 10-bit dan dapat menampilkan lebih dari 1 miliar warna. Hanya segelintir smartphone yang dapat melakukannya, termasuk Find X2 Pro dan Find X3 Pro baru ini.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Ada pemindai sidik jari optik di bawah layar, dan ini adalah yang tercepat yang bisa Anda dapatkan hari ini. Performanya, baik kecepatan dan akurasinya, sebanding dengan pembaca konvensional, dan pengalaman kami dengan sensor benar-benar bebas masalah dan sangat memuaskan.

Ada satu celah tipis pada kisi-kisi di atas layar, yang menyembunyikan salah satu speaker stereo. Kami tidak yakin apakah lubang suara adalah hal yang berdiri sendiri di belakang kisi-kisi ini atau speaker berfungsi seperti itu, tetapi kami dapat memastikan bahwa speaker atas sama kuatnya dengan yang di bawah – sesuatu yang tidak kami dengar setiap hari.

Kami sudah mengungkapkan kesukaan kami pada bagian belakang, tapi mari kita lakukan itu lagi. Kami memiliki versi Gloss Black, yang sangat mengkilap dan tidak terlalu hitam tetapi lebih seperti abu-abu gelap. Oppo sengaja membuatnya mengkilap, karena ingin terlihat seperti keramik. Dan itu pasti. Itulah kabar baiknya. Yang buruk – hasil akhir ini rentan terhadap pengumpulan sidik jari dan noda.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Aplikasi Pengendali Komputer Jarak Jauh, Bisa Download Semua Data

Ada versi lain dari Find X3 Pro – hanya disebut Biru – yang menampilkan lapisan buram anti-silau. Yang satu ini terasa halus seperti sutra dan menolak sidik jari dan noda dengan sangat baik. Kami suka Oppo memberi kami dua opsi berbeda – tidak semua orang suka glossy.

Berlawanan dengan apa yang Anda harapkan, versi glossy (milik kami) adalah yang memberikan lebih banyak cengkeraman. Jari-jari agak menempel pada kaca meskipun bingkai sebagian besar licin karena tipis, melengkung, mengkilap dan membuatnya sangat sulit untuk mengangkat telepon dari meja. Bukan berarti Gloss Black memberikan pengalaman yang luar biasa, hanya saja yang buram sedikit lebih licin, jadi pertimbangkan hal ini.

Kamera belakang adalah showstopper nyata di bagian belakang, dan memang terlihat luar biasa. Kolom kanannya berisi dual-LED dual-tone flash, kamera mikro 3MP dengan cincin LED sendiri, dan kamera tele 13MP. Kolom kiri memiliki dua penembak sudut lebar 50MP.

Lampu kilat LED cincin kecil di sekitar kamera 3MP tidak terlalu terang, tetapi penting untuk fotografi mikroskopis. Anda akan memotret dari sedekat 1mm ke subjek Anda – artinya Anda benar-benar akan menyentuh subjek Anda dengan telepon, dan Find X3 Pro akan memberikan bayangan di atasnya kecuali Anda memiliki lampu buatan. Jadi, flash akan berguna.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

Mari kita lihat sekeliling sekarang. Tombol volume ada di sebelah kiri, sedangkan tombol daya/kunci tunggal ada di sebelah kanan.

Bagian atas menampung satu lubang jarum mikrofon kecil, sedangkan bagian bawahnya penuh sesak seperti biasa. Di sini Anda akan menemukan baki SIM ganda, port USB-C, corong, dan speaker stereo lainnya.

Oppo Find X3 Pro berukuran 163,6 x 74 x 8,3 mm dan berat 193 gram. Itu hampir sama dengan Find X2 Pro, tetapi 24 gram lebih ringan dari versi Keramik dan 7 gram lebih ringan dari model Kulit Vegan.

Find X3 Pro terasa sangat tipis dan ringan – lebih dari kebanyakan flagship terbaru kaliber serupa yang pernah kami tangani.

Secara keseluruhan, kami menyukai desain Find X3 Pro – ia memiliki bagian belakang yang unik yang mengambil sedikit pendekatan berbeda tentang bagaimana tampilan tonjolan kamera, dan ini bekerja dengan baik untuk itu. Kami juga menghargai waterproofing, dan jika bukan karena bingkai tipis dan melengkung yang tidak masuk akal, kami akan memberi label desain sebagai sempurna. Padahal itu nyaris celaka.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Aplikasi Sadap WhatsApp Jarak Jauh: Bisa Download Foto & Video dari Chat WA Target
Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo Find X3 Pro 5G Indonesia 3
gsmarena,com

Layar AMOLED QHD 120Hz

Oppo Find X3 Pro menggunakan tampilan yang mirip dengan yang kami nikmati di Find X2 Pro. Ini adalah layar LPTO AMOLED 6,7″ dengan resolusi 3.216 x 1.440 px atau kepadatan 525ppi. Panel mendukung warna 10-bit dan dapat menampilkan lebih dari 1 miliar warna vs. 16 juta pada sebagian besar ponsel pesaing. Cukup diharapkan, ini bersertifikat HDR10 dan HDR10+ .

Layar Find X3 Pro juga mendukung kecepatan refresh adaptif 120Hz, sedangkan matriks sentuh bekerja dengan kecepatan pengambilan sampel 240Hz.

Dan untuk melengkapi spesifikasi, layar kehilangan beberapa piksel karena memiliki lubang untuk kamera selfie. Terakhir, dilindungi oleh bagian Gorilla Glass 5 yang sedikit melengkung.

Oppo menjanjikan kecerahan manual khas 500 nits, kecerahan otomatis (sinar matahari) 800 nits, dan kecerahan puncak hingga 1.300 nits di area layar kecil. Kami tidak dapat benar-benar mengukur kecerahan puncak, yang biasanya dicapai saat melihat konten HDR, tetapi kami dapat mengukur sisanya.

Yah, layarnya memenuhi janji – kami menangkap 493 nits di akhir penggeser kecerahan, tetapi bisa naik hingga 505nits saat menggunakan mode warna yang berbeda. Saat kecerahan layar diatur ke Otomatis, panel dapat menyala seterang 774 nits.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Aplikasi Resep Masakan Terbaik, Inspirasi Menu Buka Puasa dan Sahur

Akhirnya, kecerahan minimum sangat baik hanya 2,2 nits!

Oppo menjanjikan cakupan 100% untuk ruang warna DCI-P3 untuk layar Find X3 Pro dengan akurasi yang hampir sempurna. Tapi sebelum kita turun ke nomor, mari kita bicara tentang opsi tampilan.

Pertama, ada opsi Nature Tone, mati secara default, yang sama dengan Apple’s True Tone – ini menyesuaikan saturasi warna tergantung pada cahaya yang tersedia dan suhunya. Kami melakukan pengukuran kami dengan hal ini dimatikan.

Pilihan warna agak menyesatkan. Baik Vivid default dan mode Sinematik opsional menyebutkan cakupan P3 dalam deskripsi. Jelas melenceng – kami mengukur deltaE rata-rata 3,9 dan maksimum 9 untuk rangkaian contoh uji DCI-P3 kami, dengan putih dan abu-abu bergeser ke arah biru.

Beralih ke mode Sinematik, bagaimanapun, dan Anda akan mendapatkan akurasi yang dijanjikan – pembacaan kami menunjukkan deltaE rata-rata 1,6 dan deviasi maksimum 2,5.

Terakhir, mode Gentle disetel untuk reproduksi sRGB yang akurat dan juga melakukan pekerjaan yang sangat baik – deltaE rata-rata adalah 1,5.

Sekarang, mari kita bicara tentang kecepatan refresh. Anda dapat memilih antara 60Hz atau 120Hz, dengan yang terakhir bersifat adaptif. Oppo menjanjikan kecepatan refresh dinamis dapat turun hingga 5Hz saat dibutuhkan, katakanlah membaca e-book. Yah, bagaimanapun juga, itu tidak adaptif – Oppo baik-baik saja dengan hal ini, atau belum menawarkan implementasi yang lebih baik melalui pembaruan perangkat lunak.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  iPhone 13 : Harga, Spesifikasi Lengkap, Tanggal Rilis dan Bocoran Infonya

Dalam pengalaman kami, Find X3 Pro selalu menggunakan 120Hz saat menampilkan UI dan aplikasi sistem default. Kadang-kadang akan kembali ke 60Hz ketika gambar statis karena alasan hemat baterai, seperti yang dilakukan sebagian besar ponsel HRR. Pemutar video default dan YouTube selalu bekerja pada 60Hz, sementara Netflix dan sejenisnya menjalankan UI mereka dengan 120Hz tetapi beralih kembali ke 60Hz setelah streaming dimulai. Terakhir, beberapa game seperti Dead Trigger 2 berjalan pada 120fps, jadi Anda dapat mengharapkan game yang kompatibel menggunakan layar HRR Find X3 Pro.

Dan itu saja. Kami tidak melihat 90Hz, tidak ada 30Hz, tidak ada kecepatan refresh 5Hz, atau apa pun di antaranya. Kami mencoba aplikasi e-book, skenario yang berbeda, dan berbagai permainan, tetapi sayangnya – telepon menggunakan 60Hz atau 120Hz, dan hanya itu.

Terakhir, bagi mereka yang bertanya-tanya, ponsel ini mendukung Widevine L1 DRM, dan Anda dapat menikmati acara streaming dan film favorit dalam kualitas 1080p HDR10.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  iPhone XS Max : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Daya Tahan Baterai

Oppo Find X3 Pro ditenagai oleh baterai 4.500mAh, 5% lebih besar dari yang ada di dalam Find X2 Pro. Tampaknya cukup di atas kertas, tetapi kami telah melihat Xiaomi Mi 11 dan Snapdragon 888+QHD 120Hz OLED untuk berkinerja rata-rata, jadi kami tidak menahan napas di sini. Dan kami benar.

Find X3 Pro memposting waktu rata-rata pada pengujian kami – dapat melakukan panggilan selama 23 jam berturut-turut, menelusuri halaman web selama 11 jam, atau memutar video selama 13+ jam. Menggabungkan mereka dengan kinerja siaga biasa-biasa saja yang dibuat untuk peringkat Daya Tahan 81 jam yang membosankan.

Kecepatan Pengisian

Oppo Find X3 Pro mendukung pengisian kabel cepat SuperVOOC 2.0 65W, dan Anda mendapatkan adaptor daya VOOC sebagai bagian dari paket ritel. Ponsel ini juga mendukung pengisian cepat nirkabel AirVOOC 30W asalkan Anda membeli pengisi daya yang sesuai untuk itu. Itu juga dapat melakukan pengisian nirkabel 10W terbalik jika aksesori Bluetooth Anda perlu diisi ulang.

Adaptor daya 65W akan membawa baterai mati hingga 40% dalam 10 menit. Kami telah mengujinya, dan, pada kenyataannya, pengisi daya mengisi ulang 45% hanya dalam 10 menit, 82% dalam 20 menit, dan 100% dalam 28 menit.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  iPhone 7 Plus : Harga, Spesifikasi Lengkap dan Review

Anehnya, ponsel menampilkan Diisi sekitar 7 menit setelah mencapai 100%, jadi Anda harus mempertimbangkannya.

Speaker

Oppo Find X3 Pro mengemas pengaturan stereo dengan dua speaker yang ditempatkan secara simetris (atas dan bawah). Suara dari atas terdengar melalui kisi-kisi lubang suara, meskipun kami tidak yakin apakah lubang suara dan speaker adalah hal yang sama atau apakah ada dua perangkat keras yang berbeda di dalamnya. Itu karena kedua speaker seimbang dengan sempurna – keduanya menawarkan kenyaringan dan kualitas suara yang sama – sesuatu yang langka dengan pengaturan hybrid.

Bagaimanapun, tidak peduli bagaimana itu dilakukan, pengaturannya terdengar hebat, mendukung Dolby Atmos, dan sejauh menyangkut kenyaringannya – itu mencetak nilai Sangat Bagus pada pengujian kami.

Sayangnya, kualitas audio rata-rata – speaker menawarkan beberapa bass dan nada tinggi, tetapi sebagian besar disetel untuk membuat nada menengah terdengar hebat. Find X2 Pro terdengar lebih kaya jika Anda memutar trek di alat speaker kami di bawah ini. X3 Pro baru tidak buruk; hanya saja tidak sehebat kompetisinya.

Android 11 dan ColorOS 11

Find X3 Pro adalah smartphone Oppo pertama yang kami temui yang mem-boot Android 11 dengan ColorOS 11.2 baru di luar kotak. Nomor versi ColorOS melonjak dari 7 menjadi 11, mungkin untuk mencocokkan versi Android, dan itulah mengapa tidak ada ColorOS 8, 9 atau 10. Peluncur telah dikerjakan ulang, dan sekarang lebih cepat, lebih responsif, dengan manajemen RAM yang lebih baik dan stabilitas keseluruhan. Muncul dengan aplikasi sistem yang ditingkatkan, wallpaper baru, ikon, dan perubahan UI lainnya.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Download Aplikasi Pelacak HP Terbaik

Oppo Find X3 Pro mendukung tampilan Always-on, dan Anda dapat menjadwalkannya atau membiarkannya hidup/mati setiap saat. ColorOS menghadirkan banyak tema AOD baru yang dapat Anda pilih dan menjadikannya milik Anda. Anda dapat menyesuaikan banyak dari itu.

Petir tepi juga didukung – tepi layar akan berkedip dengan warna pada pemberitahuan baru.

Anda membuka kunci layar melalui pemindai sidik jari di bawah layar. Pembaca mudah diatur, sangat cepat, dan dengan akurasi luar biasa. Anda juga dapat memilih di antara berbagai animasi pemindai.

Ada 2D Face Unlock juga, tetapi jauh lebih tidak aman daripada opsi sidik jari.

ColorOS 11 menawarkan laci aplikasi, tetapi Anda dapat memilih untuk tidak menggunakannya jika Anda mau. Ada juga mode UI sederhana.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Harga, Spesifikasi dan Review Redmi Note 10, 10 Pro, 10 5G, dan 10S versi Global

Notification Shade berfungsi seperti biasa – ada sakelar yang cepat dan dapat diperluas, penggosok kecerahan dengan sakelar Otomatis, dan semua pemberitahuan (yang dapat diperluas) mengikuti setelah itu.

Pengalih tugas tidak banyak berubah. Ini menunjukkan semua aplikasi terbaru Anda dalam satu baris yang dapat digulir, dan hanya tiga yang terlihat dalam satu waktu. Jika Anda mengetuk ikon Pengaturan pada setiap kartu, Anda akan dapat meluncurkan aplikasi itu ke layar terpisah, jendela aplikasi mini (tidak dapat berinteraksi), atau di jendela mengambang (dapat berinteraksi). Tidak semua aplikasi mendukung ketiga mode tersebut, dan opsi ini tidak akan muncul jika itu masalahnya.

Anda membuka kunci layar melalui pemindai sidik jari di bawah layar. Pembaca mudah diatur, sangat cepat, dan dengan akurasi luar biasa. Anda juga dapat memilih di antara berbagai animasi pemindai.

Ada 2D Face Unlock juga, tetapi jauh lebih tidak aman daripada opsi sidik jari.

Layar utama berfungsi seperti biasa – diisi dengan pintasan, folder, dan widget. Panel paling kiri adalah Google Discover.

ColorOS 11 menawarkan laci aplikasi, tetapi Anda dapat memilih untuk tidak menggunakannya jika Anda mau. Ada juga mode UI sederhana.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Download Aplikasi Resep Masakan Terbaik untuk Android dan iOS

Notification Shade berfungsi seperti biasa – ada sakelar yang cepat dan dapat diperluas, penggosok kecerahan dengan sakelar Otomatis, dan semua pemberitahuan (yang dapat diperluas) mengikuti setelah itu.

Pengalih tugas tidak banyak berubah. Ini menunjukkan semua aplikasi terbaru Anda dalam satu baris yang dapat digulir, dan hanya tiga yang terlihat dalam satu waktu. Jika Anda mengetuk ikon Pengaturan pada setiap kartu, Anda akan dapat meluncurkan aplikasi itu ke layar terpisah, jendela aplikasi mini (tidak dapat berinteraksi), atau di jendela mengambang (dapat berinteraksi). Tidak semua aplikasi mendukung ketiga mode tersebut, dan opsi ini tidak akan muncul jika itu masalahnya.

Personalisasi adalah bagian besar dari ColorOS, dan Anda dapat mengubah banyak hal. Ada banyak wallpaper statis dan hidup yang telah diinstal sebelumnya, wajah AOD, Anda dapat memilih gaya ikon yang berbeda di area UI dan Notifikasi, mengubah warna sistem, font sistem (Roboto atau Oppo Sans), Pencahayaan Tepi, dan banyak lagi.

ColorOS juga menawarkan aplikasi Manajer Telepon. Itu dapat memindai ponsel Anda untuk kemungkinan opsi pengoptimalan, mengelola privasi dan izin aplikasi Anda, dan melindungi pembayaran Anda. Ini juga mencakup alat diagnostik untuk kemungkinan kerusakan perangkat keras.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 5G, Harga Murah Fitur Mewah

ColorOS mengemas aplikasi Foto, Musik, dan Video eksklusif. Game Space center juga disertakan, dan dapat dikonfigurasi untuk memblokir notifikasi dan penyesuaian kecerahan otomatis selama bermain game, serta manajemen sumber daya yang lebih tepat dengan memprioritaskan game Anda di atas layanan lain.

Oppo juga menawarkan aplikasi bernama O Relax – persis seperti namanya. Anda dapat memilih di antara berbagai tema santai, permainan, atau kebisingan kota, memilih campuran suara, menyetel timer, dan menikmati perjalanan.

ColorOS juga mendukung Mode Gelap. Ini ditingkatkan di versi 11 – Anda sekarang dapat memilih antara latar belakang dan warna sistem yang Ditingkatkan (hitam), Sedang (abu-abu tua) dan Lembut (abu-abu muda).

ColorOS menawarkan alat Kenyamanan ini, yang dapat membuat pengalaman Anda lebih lancar. Ini termasuk gerakan layar-on, pintasan pemindai sidik jari (disebut Quick Launch), tangkapan layar tiga jari dan pengambilan video layar, bilah sisi pintar, layar terpisah, peluncuran cepat Google Assistant, dan banyak lagi.

Oppo telah menugaskan Hans Zimmer untuk menyusun suara dan nada dering notifikasi yang unik, yang sesuai dengan tema organik Find X3 Pro. Ini akan ditambahkan nanti dengan pembaruan firmware.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Aplikasi Resep Masakan Terbaik, Inspirasi Menu Buka Puasa dan Sahur

ColorOS sepenuhnya dioptimalkan untuk bekerja pada tampilan HRR, dan terlihat cantik di Find X3 Pro. Semuanya lancar dan cepat; animasinya tidak mencolok namun mengesankan, perhatian terhadap detailnya sangat bagus. Kami menikmati bekerja dengan ColorOS pada Find X3 120Hz OLED tentunya.

Performa dan Pembanding

Oppo Find X3 adalah salah satu smartphone pertama yang datang dengan chipset Snapdragon 888 baru oleh Qualcomm. SoC diproduksi menggunakan proses fabrikasi 5nm.

Snapdragon 888 menawarkan prosesor tri-cluster delapan inti yang ditingkatkan yang memberikan kinerja hingga 25% lebih baik dibandingkan CPU SD865 dan efisiensi daya yang lebih baik. Headlining delapan core ini adalah Kryo 680 Prime @ 2.84GHz berdasarkan desain Cortex-X1 teratas ARM. Selanjutnya adalah trio Kryo 680 Gold @ 2.42GHz berbasis Cortex-A78 biasa. Akhirnya, kami memiliki empat Kryo 680 Silver @ 1.8GHz berdasarkan Cortex-A55 untuk tugas-tugas yang lebih biasa, dan mereka menjadikan jumlah inti total menjadi delapan.

SD888 hadir dengan GPU Adreno 660 baru, yang seharusnya menawarkan peningkatan kinerja 35% dibandingkan Adreno 650 di dalam SD865 dan Find X2 Pro. Ini mendukung OpenGL ES 3.2, Vulcan 1.1, dan teknologi naungan tingkat Variabel baru.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Aplikasi Pengendali Komputer Jarak Jauh, Bisa Download Semua Data

SD888 juga dilengkapi dengan Hexagon 780 DSP baru dengan mesin AI generasi keenam. Ada juga ISP baru dan modem X60 5G/LTE terintegrasi baru. Wi-Fi 6 didukung, ada dukungan asli untuk UFS 3.1, dan juga opsi QuickCharge 5 baru.

Oppo Find X3 Pro memiliki 12GB RAM LPDDR5 dan penyimpanan 256GB UFS 3.1, tidak dapat diperluas.

Anehnya, benchmark CPU Geekbench mengembalikan skor yang mirip dengan Oppo Find X2 Pro dan CPU Snapdragon 865 generasi sebelumnya. Jelas, perangkat kerasnya adalah yang terbaik saat ini, tetapi Mi 11 yang didukung SD888 melakukan sedikit lebih baik untuk beberapa alasan.

Tes GFX Bench mentah mengatakan GPU Adreno 660 adalah yang paling kuat hingga saat ini.

Tes pada layar memberikan keunggulan pada ponsel yang mengemas layar 1080p beresolusi lebih rendah seperti Galaxy S21+.

Find X3 Pro mendapat skor yang sangat baik di AnTuTu – setara dengan Galaxy S21 Ultra dan Mi 11, tetapi sedikit di belakang Mate 40 Pro.

Chip Snapdragon 888 adalah yang terbaik yang dapat digunakan ponsel saat ini, jadi tidak ada lagi yang perlu ditanyakan, sungguh. Sebagian besar flagships sudah beralih ke resolusi QHD. Chipset ini memiliki kekuatan untuk menangani game dengan begitu banyak piksel dan pada framerate yang tinggi.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Aplikasi Sadap WhatsApp Jarak Jauh: Bisa Download Foto & Video dari Chat WA Target

Find X3 Pro dilengkapi dengan solusi pendinginan ruang uap untuk SoC dan baterai. Ini berfungsi dengan baik saat bermain game dan mengisi daya dengan cepat dan tidak akan membuat ponsel cukup panas untuk memicu pelambatan. Mungkin menjadi hangat, ya, tetapi tidak sampai tingkat yang mengkhawatirkan.

Kami menjalankan 3D Mark Wild Life Stress Test dan menunjukkan stabilitas 57% untuk Find X3 Pro saat berjalan pada resolusi QHD dan kecepatan refresh 120Hz. Itu memang menurunkan kecepatan refresh dan menurunkan kecerahan setelah loop ke-10. Kami tidak melihat hal seperti itu saat bermain game, jadi ini hanya terjadi saat ponsel benar-benar diuji stres. Namun, ada baiknya mengetahui seberapa banyak yang dapat ditangani telepon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.