Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil
Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Jike sebelumnya kamu sudah mempelajari apa itu investasi dan apa saja jenis investasi jangka pendek dan jangka panjang, kini kita akan mempelajari beberapa jenis investasi dapat dilakukan dengan modal kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Jenis Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Investasi Jangka Pendek Apa yang Cocok Untuk Pemula
internationalinvestorclub.com – investasi Reksadana Syariah

1. Investasi Reksadana

Reksadana merupakan tempat yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan investasi pada instrumen pasar finansial. Reksadana diatur dalam Undang-Undang tentang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk investasi reksadana karena telah tercatat oleh pemerintah dan statusnya legal.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Kesalahan Pemula Dalam Investasi Emas

Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang saat ini banyak diminati oleh para investor baik yang ahli maupun investor pemula. Investasi reksadana ini diketahui berpotensi dalam memberi keuntungan yang cukup besar walau dengan modal yang kecil. Bahkan, instrumen investasi ini menawarkan risiko yangcukup kecil karena dananya dikelola dan diatur oleh seorang manajer investasi.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Mudah Investasi Saham untuk Pemula

2. Investasi P2P (Peer to peer) Lending

P2P Lending merupakan proses pinjam meminjam yang dilakukan secara langsung sesuai kesepakatan bersama dengan memanfaatkan teknologi informasi. Jadi, ada pihak yang berperan sebagai pemberi pinjaman, ada juga yan berperan sebagai penerima pinjaman, dimana keduanya dipertemukan melalui sebuah platform tertentu sebagai fasilitator P2P.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  9 Ide Bisnis Modal 1 Juta, Manfaatkan Ramadhan untuk Uang Saku Lebaran

P2P lending dikenal sebagai instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup besar dalam jangka waktu pendek. Namun perlu diperhatikan, bahwa investasi P2P lending ini juga punya risiko yang cukup besar.

3. Investasi Emas

Emas adalah instrumen yang banyak diminati masyarakat termasuk para ibu rumah tangga. Sebab, jenis investasi emas ini nilainya terus meningkat setiap waktunya dan merupakan investasi yang tidak terpengaruh terhadap inflasi.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  100+ Koleksi Disain Twibbon HUT RI Ke-76 17 Agustus 2021

Namun harga emas untuk nilai per gram terbilang cukup besar. Itulah yang membuat orang-orang cukup enggan untuk memilih investasi emas. Tapi saat ini ada program tabungan emas dimana kita bisa mengumpulkan emas melalui lembaga keuangan. Yang menarik lagi, kamu bisa membeli emas dengan mencicilnya dengan minimal pembelian 0,01 gram.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Keuntungan dan Cara Gampang Daftar Internet Banking Mandiri Bisnis

Artinya, apabila saat ini emas batangan 1 gram harga di pasaran sejumlah 1 juta rupiah, maka kamu dapat berinvestasi emas hanya dengan mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah. Dan kamu dapat mencetak emas berupa logam mulia jika uang yang terkumpul telah mencapai harga 1 gram emas.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  8 Produk Apple Terbaru ini Diprediksi Meluncur di Apple Event 2021

Cara Menghitung Keuntungan Investasi Reksadana

Budi adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta dengan berpenghasilan setiap bulan sebesar Rp 5 juta. Budi berniatuntuk berinvestasi sebesar 20% setiap bulan. Berarti, Rp 5 juta X 20% = Rp 1 juta.

Lalu, berapakah keuntungan yang akan diterima oleh Budi apabila berinvestasi di reksadana selama masa 1 tahun?

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  RESMI : Lowongan Kerja di PT Pertamina International Shipping (PIS)
Investasi Jangka Panjang Apa yang Cocok Untuk Pemula?
rumah.com – investasi reksa dana

Dilansir dari web bareksa.com, kinerja reksadana pasar uang dalam masa satu tahun akan menghasilkan return sejumlah 7,03 %.

Contoh Perhitungan Keuntungan Investasi Reksadana

Modal = Rp 1 juta X 12 bulan = Rp 12 juta.

Estimasi prosentasi return di reksadana pasar uang selama 12 bulan = 7,03%.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Polling : Apakah Kamu Setuju Jika Ibu Kota Negara Pindah Ke Kalimantan Timur?

Fee manajemen aset setiap penarikan dana = Rp 50 ribu

Keuntungan sebelum dikenakan pajak = Rp 12 juta x 7,03% = Rp 843.600.

Keuntungan bersih = Rp 843.600 – Rp 50.000 (fee managemen) = Rp 793.600.

Jadi keuntungan yang Budi peroleh setelah melakukan investasi reksadana pasar uang dalam kurun waktu satu tahun yaitu Rp 12.000.000 (modal) + Rp 793.600 (keuntungan bersih) = Rp 12.793.600.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  RESMI : Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk Kamu

Semoga kamu semakin memahami tentang jenis investasi apa yang lebih menguntungkan walau dengan modal kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.