Investasi Jangka Panjang Apa yang Cocok Untuk Pemula?
Investasi Jangka Panjang Apa yang Cocok Untuk Pemula?

Investasi Jangka Panjang Apa yang Cocok Untuk Pemula?

Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang Investasi : Apa itu Investasi dan apa Tujuannya? Dan sebelum kita memutuskan untuk terjun dalam dunia investasi jangka panjang, sangat penting bagi kita untuk mengenal lebih dekat dan memahami pola investasi dengan baik. Pemahaman ini akan sangat membantu untuk lebih mudah dalam mengelola investasi yang kita pilih untuk masa depan. Dengan begitu kita bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam berinvestasi.

Trending :  Cara Mudah Investasi Saham untuk Pemula

Berikut ini 5 jenis investasi jangka panjang yang cocok untuk pemula dan bisa dijadikan alternatif saat menentukan jenis investasi.

1. Investasi Saham

Investasi Jangka Panjang Apa yang Cocok Untuk Pemula?
wikipedia.com – investasi saham

Investasi saham ini merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang memiliki potensi keuntungan paling besar dari lainnya, apalagi bila kita dapat memilih saham yang tepat. Saat investasi saham kita bertindak selaku investor untuk perusahaan tertentu, yang pada prinsipnya kita menanamkan sejumlah modal pada perusahaan tersebut.

Trending :  8 Aplikasi Investasi Terbaik Tahun 2021 untuk Pemula

Investasi saham ini prosesnya diawali dengan penerbitan saham oleh suatu perusahaan yang membutuhkan dana tersebut, kemudian kita melakukan investasi dana untuk perusahaan pilihan kita dilanjutkan dengan penerimaan bukti kepemilikan saham.

Pada investasi saham, kita akan memperoleh pendapatan melalui dua sumber, yaitu:

  1. Pembagian deviden (keuntungan) yang diberikan oleh perusahaan pada para investor (pemilik saham).
  2. Capital gain atau selisih antara harga jual dan harga beli yang kita peroleh dari penjualan saham (jika kita menjualnya).
Trending :  5 Investasi Emas Pasti Untung Besar, Yang Harus Kamu Ketahui

Pada prakteknya, deviden kadang diberikan berupa uang tunai langsung dan ditransfer ke rekening kita selaku investor, namun dapat juga berupa saham yang akan diakumulasikan pada saham kita di perusahaan tersebut.

2. Investasi Properti

Investasi Jangka Panjang Apa yang Cocok Untuk Pemula?
kompas.com – investasi properti

Investasi properti saat ini menjadi salah satu investasi paling populer dan banyak dijadikan pilihan masyarakat. Investasi ini memang memerlukan dana yang lumayan besar, apalagi bila kita berkeinginan untuk berinvestasi pada lokasi yang strategis dan dengan harga yang tinggi. Namun tentunya jumlah modal ini cukup sebanding dengan potensi keuntungan yang akan kita peroleh dari investasi properti tersebut.

Trending :  Tips Memulai Investasi Saham untuk Pemula

Ada berbagai jenis investasi properti yang bisa dijadikan pilihan, seperti: rumah, rumah kost, penginapan, apartemen, ruko, lokasi bisnis, rumah kontrakan, dan banyak lagi yang lainnya. Potensi keuntungan dari investasi properti juga sangat beragam, diantaranya : selisih dari harga beli dengan harga jual, uang sewa rumah/ruko, prosentasi hasil bisnis bila dijadikan lokasi bisnis.

Trending :  Teknik Menabung Saham untuk Pemula Walau Gaji UMP

3. Investasi Emas

Investasi Jangka Panjang Apa yang Cocok Untuk Pemula?
tokopedia.com – investasi emas

Investasi Emas adalah jenis investasi jangka panjang yang juga banyak diminati oleh masyarakat, itu disebabkan karena harga emas cukup stabil dan cenderung meningkat. Investasi ini juga bisa kita lakukan dengan modal kecil. Akhir-akhir ini investasi emas bisa dimulai dari modal yang sangat kecil berupa tabungan emas.

Trending :  Rezeki Lebaran Bisa Dapat TOYOTA VELOZ, Kamu Mau?

Ada beberapa jenis investasi emas yang bisa kita jadikan pertimbangan, antara lain: emas batangan, emas perhiasan ataupun tabungan emas. Keuntungan yang kita peroleh dari investasi emas ini adalah selisih harga antara harga beli dengan harga jual.

4. Investasi Obligasi

Investasi Jangka Panjang Apa yang Cocok Untuk Pemula?
aanwijzing.com – investasi obligasi

Investasi obligasi adalah surat hutang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan, baik perusahaan pemerintah maupun perusahaan swasta. Ketika kita melakukan investasi obligasi, maka kita menerima surat hutang sebagai bukti peminjaman dana kita pada suatu perusahaan.

Trending :  Polling : Apakah Kamu Setuju Jika Ibu Kota Negara Pindah Ke Kalimantan Timur?

Investasi obligasi kita lakukan akan menghasilkan bunga obligasi, dari bunga inilah yang bisa dibayarkan secara berkala atau mungkin sekaligus pada saat perusahaan tersebut akan melakukan pelunasan atas investasi obligasi yang kita lakukan. Di dalam investasi obligasi, kita memperoleh keuntungan atas bunga dan juga selisih dari harga beli dengan harga jual pada saat obligasi tersebut jatuh tempo.

Trending :  RESMI : Lowongan Kerja di PT Pertamina Patra Niaga (PTPPN)

5. Investasi Reksadana

Investasi Jangka Panjang Apa yang Cocok Untuk Pemula?
rumah.com – investasi reksa dana

Investasi Reksadana menjadi pilihan yang tepat bagi kita yang tidak memiliki cukup waktu dalam mengelola investasi sendiri. Investasi reksadana umumnya dikelola oleh manager investasi profesional dan ahli di bidangnya.

Dalam prakteknya, investasi ini akan dipisahkan menjadi beberapa instrumen investasi yang berbeda, sehingga diversifikasi dapat diterapkan secara baik. Ini menjadi penting guna mengatasi resiko kegagalan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan investasi tersebut. Kita akan memperoleh keuntungan dari investasi yang kita lakukan, setelah dikurangi biaya jasa manager selaku pengelola investasi.

Trending :  Cara Mudah Download Video Youtube Tanpa Aplikasi, Gampang Banget!

Itulah 5 investasi jangka panjang yang cocok untuk pemula dan bisa dijadikan alternatif untuk kita saat akan melakukan investasi. Pelajari pula beberapa jenis investasi jangka pendek yang cocok untuk pemula, agar kami makin yakin dengan investasi yang kamu putuskan. Semoga bermanfaat.