Klik Tombol Dibawah
Untuk Download / Install Aplikasi


Review Lengkap Kenwood TH-K20A: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya
Review Lengkap Kenwood TH-K20A: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Review Lengkap Kenwood TH-K20A: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Review Lengkap Kenwood TH-K20A: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya – Kenwood TH-K20A adalah radio komunikasi dua arah yang sangat handal dan memiliki kinerja yang luar biasa. Dibuat oleh Kenwood, perusahaan yang terkenal di dunia peralatan komunikasi, Kenwood TH-K20A adalah salah satu produk unggulan mereka.

Radio Kenwood TH-K20A dirancang dengan sangat baik sehingga sangat mudah digunakan oleh siapa saja, bahkan oleh pemula sekalipun. Desainnya ergonomis dan ringan, membuatnya nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, radio ini memiliki daya tahan baterai yang luar biasa, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang baterai habis saat kamu sedang dalam perjalanan atau berada di tempat terpencil.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cartridge Video Game Nintendo 'Super Mario' Terjual Seharga 1,5 Juta Dollar

Kenwood TH-K20A juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan jangkauan yang luas. Radio ini memiliki frekuensi yang dapat diprogram, sehingga kamu dapat berkomunikasi dengan pengguna radio lainnya yang berada di dalam atau di luar jangkauanmu.

Klik Tombol Hijau / Biru
Untuk Download / Install Aplikasi

Spesifikasi Kenwood TH-K20A

Kenwood TH-K20A hadir dengan spesifikasi yang memadai untuk penggunaan komunikasi jarak jauh. Berikut adalah beberapa spesifikasi Kenwood TH-K20A:

  • Frekuensi: 136-174 MHz
  • Jarak Komunikasi: Hingga 5km
  • Daya Output: 5 watt
  • Kanal Memori: 16 kanal
  • Tone Squelch
  • Fitur VOX yang dapat diatur sensitivitasnya
  • Built-in selendang untuk memudahkan pemakaian
  • Layar LCD yang cukup besar dan mudah dibaca dengan backlight
  • Dimensi: 54 x 122 x 33.9mm
  • Bobot: Sekitar 210 gram
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Xbox : Pengujian Fitur Baru di Konsol dan PC

Kenwood TH-K20A memiliki frekuensi 136-174 MHz dan mampu menjangkau jarak hingga 5km dengan daya output 5 watt. Produk ini dilengkapi dengan 16 kanal memori serta tone squelch yang berguna untuk mengurangi noise. Selain itu, Kenwood TH-K20A juga dilengkapi dengan fitur VOX yang dapat diatur sensitivitasnya. Fitur VOX ini memungkinkan kamu untuk mengoperasikan perangkat ini tanpa harus menekan tombol push-to-talk (PTT).

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Review Lengkap Motorola GP328: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Selain itu, Kenwood TH-K20A juga dilengkapi dengan built-in selendang yang memudahkan kamu untuk membawa perangkat ini. Dalam hal desain, Kenwood TH-K20A memiliki dimensi 54 x 122 x 33.9mm serta bobot hanya sekitar 210 gram, sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja.

Kenwood TH-K20A juga dilengkapi dengan layar LCD yang cukup besar dan mudah dibaca dengan backlight. Layar LCD ini memudahkan kamu untuk melihat informasi yang ditampilkan seperti nomor kanal, frekuensi, dan status baterai. Selain itu, Kenwood TH-K20A juga dilengkapi dengan LED indicator yang berguna untuk menunjukkan status perangkat.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Tips Memilih HT Terbaik: Kekurangan dan Kelebihannya

Secara keseluruhan, spesifikasi Kenwood TH-K20A sangat memadai untuk penggunaan komunikasi jarak jauh. Dengan spesifikasi yang cukup baik ini, Kenwood TH-K20A menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kamu yang membutuhkan perangkat komunikasi yang handal dan mudah digunakan.

Fitur-Fitur Kenwood TH-K20A

Kenwood TH-K20A memiliki fitur yang sangat memukau dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki Kenwood TH-K20A:

  1. Dual Power
    Kenwood TH-K20A dilengkapi dengan dua jenis daya, yaitu baterai dan adapter. Baterai Ni-MH 7,2V 1500mAh memberikan daya tahan hingga 14 jam, sedangkan adapter DC 13,8V memastikan kamu dapat menggunakannya dalam waktu yang lama tanpa khawatir baterai habis.
  2. Compact Design
    Kenwood TH-K20A didesain dengan bentuk yang kecil dan ringan, sehingga kamu dapat membawanya dengan mudah ke mana saja. Ukurannya hanya 58 x 119.5 x 36.4 mm dan berat hanya 290 gram.
  3. High-Quality Audio
    Kenwood TH-K20A memiliki fitur yang disebut “voice compander” yang akan meningkatkan kualitas suara sehingga kamu dapat berkomunikasi dengan jelas tanpa harus merendahkan suaramu.
  4. Waterproof and Dustproof
    Kenwood TH-K20A dilengkapi dengan sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap debu dan air. Jadi kamu bisa menggunakan Kenwood TH-K20A dalam cuaca buruk dan lingkungan yang kasar tanpa khawatir rusak.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cara Memperbaiki Baofeng UV-5R Yang Berhenti Menerima Sinyal Setelah Upload File CHIRP

Kelebihan dan Kekurangan Kenwood TH-K20A

Kelebihan Kenwood TH-K20A

Kenwood TH-K20A adalah HT yang memiliki berbagai kelebihan, diantaranya adalah:

  1. Sinyal yang stabil dan jelas
    Salah satu kelebihan dari Kenwood TH-K20A adalah sinyal yang stabil dan jelas. Dalam penggunaannya, kamu tidak akan merasakan gangguan atau noise yang mengganggu kualitas suara yang kamu dengar.
  2. Tahan lama
    Kenwood TH-K20A juga terkenal tahan lama dan awet. Dalam penggunaannya, kamu tidak perlu khawatir dengan kerusakan karena HT ini terbuat dari bahan yang berkualitas dan kokoh.
  3. Mudah digunakan bahkan bagi pemula
    Selain itu, Kenwood TH-K20A juga mudah digunakan bahkan bagi pemula. Fitur-fitur yang dimilikinya dirancang dengan sangat user-friendly, sehingga kamu tidak akan kesulitan dalam menggunakannya.
  4. Dual power (5W/1W)
    Kenwood TH-K20A juga memiliki fitur dual power (5W/1W). Dengan fitur ini, kamu dapat menghemat daya baterai jika kamu sedang berada di area yang memiliki sinyal yang kuat dan jarak yang dekat.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Kelebihan, Kekurangan dan Cara Merawat Radio HT Agar Awet

Kekurangan Kenwood TH-K20A

Selain kelebihan, Kenwood TH-K20A juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah:

  1. Tidak memiliki fitur GPS
    Kenwood TH-K20A tidak memiliki fitur GPS, sehingga kamu tidak dapat melacak posisi teman kamu yang menggunakan HT dengan mudah.
  2. Hanya memiliki 16 channel
    HT ini hanya memiliki 16 channel, yang mungkin terbatas bagi kamu yang membutuhkan lebih banyak channel dalam komunikasimu.
  3. Tidak tahan air
    Kenwood TH-K20A tidak tahan air, sehingga kamu harus berhati-hati dalam menggunakannya di area yang terkena hujan atau air.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Review Lengkap Baofeng BF-888S: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Kenwood TH-K20A tetap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin belajar tentang radio komunikasi atau membutuhkan alat komunikasi jarak jauh dengan sinyal yang stabil dan jelas. Harga yang terjangkau dan kualitas yang baik membuat Kenwood TH-K20A menjadi HT yang sangat direkomendasikan.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Apa Beda Handy Talky (HT) dengan Walkie Talkie dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Cara Menggunakan Kenwood TH-K20A

Kenwood TH-K20A mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun. Berikut ini adalah cara penggunaan Kenwood TH-K20A:

  1. Pasang baterai atau colokkan adapter DC 13,8V pada Kenwood TH-K20A.
  2. Nyalakan Kenwood TH-K20A dengan menekan tombol ON/OFF.
  3. Pilih channel yang akan digunakan.
  4. Tekan tombol PTT (Push To Talk) saat ingin berbicara.
  5. Lepaskan tombol PTT saat selesai berbicara dan siap menerima balasan.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  7 Perbedaan Utama VPS dengan Dedicated Hosting

Cara Merawat HT Kenwood TH-K20A

Kenwood TH-K20A adalah alat yang sangat tahan lama dan kokoh. Namun, kamu juga perlu melakukan perawatan agar Kenwood TH-K20A tetap dalam kondisi yang baik dan awet. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan Kenwood TH-K20A:

  1. Jangan menempatkan Kenwood TH-K20A secara kasar, jangan membiarkan jatuh atau terkena benturan yang keras.
  2. Bersihkan Kenwood TH-K20A secara teratur dengan kain lembut dan lap yang sudah dibasahi dengan air hangat dan sabun.
  3. Hindari penggunaan bahan kimia yang bersifat keras atau abrasif untuk membersihkan Kenwood TH-K20A.
  4. Simpan Kenwood TH-K20A di tempat yang kering dan sejuk.
  5. Jangan memasukkan Kenwood TH-K20A ke dalam air atau terkena hujan yang lebat.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Harga dan Review Lengkap Xiaomi Smart TV Terbaru : Mi TV 4 55

Isi Paket Kenwood TH-K20A

Ketika kamu membeli Kenwood TH-K20A, kamu akan mendapatkan beberapa perlengkapan yang terdapat di dalam paket. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang terdapat di dalam paket Kenwood TH-K20A:

  1. Kenwood TH-K20A HT
  2. Baterai Ni-MH 7,2V 1500mAh
  3. Antena
  4. Charger desktop (untuk baterai)
  5. AC Adapter (untuk charger desktop)
  6. Belt Clip
  7. Manual Book
  8. Kartu Garansi
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Dedicated Server: Optimalkan Kinerja Website Anda

Harga Kenwood TH-K20A

Kenwood TH-K20A adalah HT yang terjangkau dengan kualitas yang sangat baik. Harga Kenwood TH-K20A bervariasi tergantung pada tempat kamu membelinya. Namun, secara umum, harga Kenwood TH-K20A di pasaran berkisar antara Rp 900.000,- hingga Rp 1.200.000,-. Harga ini bisa berbeda-beda tergantung pada toko atau marketplace tempat kamu membeli.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Harga dan Review Lengkap Xiaomi Smart TV Terbaru : Mi TV 4 55

Merk Lain yang Sebanding dengan Kenwood TH-K20A

Selain Kenwood TH-K20A, ada beberapa merk lain yang sebanding dan juga populer di dunia radio komunikasi. Berikut ini adalah beberapa merk radio komunikasi yang sebanding dengan Kenwood TH-K20A:

  1. Baofeng UV-5R Merk radio komunikasi ini cukup populer di kalangan pecinta radio komunikasi, terutama untuk kalangan pemula. Baofeng UV-5R memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan, serta harganya yang terjangkau.
  2. Motorola T100TP Motorola T100TP memiliki desain yang simpel dan cocok untuk digunakan dalam kegiatan outdoor. Radio komunikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Vox, yang memungkinkan kamu untuk berbicara tanpa harus menekan tombol push-to-talk.
  3. Icom IC-V80 Icom IC-V80 adalah radio komunikasi yang cukup handal dan tangguh. Radio ini dilengkapi dengan teknologi water-resistant, sehingga dapat digunakan dalam kondisi cuaca yang kurang baik.
  4. Yaesu FT-65R Yaesu FT-65R adalah radio komunikasi yang cocok untuk digunakan dalam kegiatan outdoor, terutama untuk kegiatan hiking dan camping. Radio ini dilengkapi dengan baterai yang tahan lama dan dilengkapi dengan fitur NOAA weather alert.
  5. Midland GXT1000VP4 Midland GXT1000VP4 adalah radio komunikasi yang cukup populer di kalangan pecinta kegiatan outdoor, terutama untuk kalangan pecinta hiking dan camping. Radio ini dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti eVOX, yang memungkinkan kamu untuk berbicara tanpa harus menekan tombol push-to-talk.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Review Lengkap Motorola GP328: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Setiap merk radio komunikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sebelum memilih merk radio komunikasi yang sesuai untuk kamu, pastikan untuk mengetahui kebutuhan dan kegiatan yang akan dilakukan dengan radio tersebut.

FAQ

  1. Apa saja kelebihan Kenwood TH-K20A?
    Jawaban: Kenwood TH-K20A memiliki berbagai kelebihan, di antaranya adalah sinyal yang stabil dan jelas, tahan lama, mudah digunakan bahkan bagi pemula, harga yang terjangkau, dan masih banyak lagi.
  2. Apa saja fitur yang dimiliki oleh Kenwood TH-K20A?
    Jawaban: Kenwood TH-K20A memiliki berbagai fitur, di antaranya adalah 16 channel, dual power (5W/1W), VOX, 1750 Hz tone burst, dan masih banyak lagi.
  3. Berapa harga Kenwood TH-K20A?
    Jawaban: Harga Kenwood TH-K20A bervariasi tergantung pada tempat kamu membelinya. Namun, secara umum, harga Kenwood TH-K20A di pasaran berkisar antara Rp 900.000,- hingga Rp 1.200.000,-.
  4. Bagaimana cara merawat Kenwood TH-K20A?
    Jawaban: Beberapa tips perawatan Kenwood TH-K20A adalah jangan membuang dengan kasar, bersihkan secara teratur, hindari penggunaan bahan kimia yang bersifat keras atau abrasif, simpan di tempat yang kering dan sejuk, dan hindari memasukkan ke dalam air atau terkena hujan yang lebat.
  5. Apakah Kenwood TH-K20A cocok digunakan untuk anak muda?
    Jawaban: Ya, Kenwood TH-K20A sangat cocok digunakan oleh anak muda yang ingin belajar tentang radio komunikasi atau membutuhkan alat komunikasi jarak jauh dengan sinyal yang stabil dan jelas. Selain itu, harga Kenwood TH-K20A juga cukup terjangkau bagi anak muda.
  6. Apa saja fitur utama yang dimiliki oleh Kenwood TH-K20A?
    Jawaban: Kenwood TH-K20A dilengkapi dengan fitur-fitur seperti tahan terhadap air dan debu, daya tahan baterai yang luar biasa, pengoperasian yang mudah, dan dapat digunakan dalam jangkauan yang luas.
  7. Berapa jangkauan maksimal dari radio Kenwood TH-K20A?
    Jawaban: Radio Kenwood TH-K20A dapat digunakan dalam jangkauan maksimal hingga 5 kilometer.
  8. Apakah radio Kenwood TH-K20A cocok digunakan dalam kegiatan outdoor?
    Jawaban: Ya, radio Kenwood TH-K20A sangat cocok digunakan dalam kegiatan outdoor, seperti hiking, camping, dan kegiatan olahraga di luar ruangan.
  9. Apakah radio Kenwood TH-K20A dilengkapi dengan aksesori tambahan?
    Jawaban: Ya, radio Kenwood TH-K20A dilengkapi dengan aksesori tambahan seperti baterai cadangan, charger, antena, dan pegangan tangan yang ergonomis.
  10. Apakah radio Kenwood TH-K20A dapat digunakan oleh petugas medis dalam situasi darurat?
    Jawaban: Ya, radio Kenwood TH-K20A dapat digunakan oleh petugas medis dalam situasi darurat untuk memaksimalkan komunikasi dan koordinasi antara petugas medis di lapangan.
Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Review Lengkap Baofeng BF-888S: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Kesimpulan

Kenwood TH-K20A adalah HT yang sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar tentang radio komunikasi. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, Kenwood TH-K20A dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang suka dengan aktivitas petualangan di alam bebas atau membutuhkan alat komunikasi jarak jauh dengan sinyal yang stabil dan jelas.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Cartridge Video Game Nintendo 'Super Mario' Terjual Seharga 1,5 Juta Dollar

Selain itu, Kenwood TH-K20A juga sangat mudah digunakan dan tahan lama. Kamu hanya perlu melakukan perawatan yang baik agar Kenwood TH-K20A tetap dalam kondisi yang baik dan awet.

Jangan khawatir tentang harga, karena Kenwood TH-K20A memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas yang sangat baik. Sehingga, Kenwood TH-K20A dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin belajar tentang radio komunikasi atau membutuhkan alat komunikasi jarak jauh dengan sinyal yang stabil dan jelas.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Tips Memilih HT Terbaik: Kekurangan dan Kelebihannya

Link official: https://www.kenwood.com/