Klik Tombol Dibawah
Untuk Download / Install Aplikasi


Cara Mudah Investasi Saham untuk Pemula
Cara Mudah Investasi Saham untuk Pemula

Cara Mudah Investasi Saham untuk Pemula

1. Pilih Sekuritas dengan Biaya Kecil

Sebelum mulai berinvestasi, setiap calon investor wajib membuka rekening efek di perusahaan sekuritas pilihannya. Kemudian, mereka akan diminta untuk mengisi saldo rekening efek yang nantinya akan digunakan untuk membeli saham tersebut.

Dengan rekening saham tersebut, perusahaan saham akan meraup keuntungan dari setiap transaksi saham yang dilakukan investornya.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  8 Aplikasi Investasi Terbaik Tahun 2021 untuk Pemula

Biasanya sekuritas mengalokasikan sekitar 0,15% – 0,19% untuk pembelian, dan 0,20% – 0,29% untuk penjualan. Jadi pilihlah perusahaan keamanan sesuai kemampuan kamu.

Klik Tombol Hijau / Biru
Untuk Download / Install Aplikasi

2. Investasi Saham dengan Modal Kecil

Modal yang dibutuhkan untuk membeli saham tergantung pada beberapa faktor, antara lain harga saham perusahaan target, jumlah saham yang akan dibeli, dan biaya transaksi sekurita.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  RESMI : Lowongan Kerja di PT Pertamina International Shipping (PIS)

Untuk mengurangi kerugian yang besar, sebaiknya investor pemula mulai berinvestasi saham dengan modal kecil terlebih dahulu. Selain mengurangi risiko kerugian, berinvestasi dengan modal kecil juga dimaksudkan sebagai proses pembelajaran.

Dengan modal kecil, investor pemula bisa belajar beradaptasi dengan pasar modal dan menganalisa pergerakan saham tanpa takut rugi besar. Jika kamu merasa sudah memiliki pemahaman yang cukup, kamu bisa mulai menambah modal penyertaan modal kamu sedikit demi sedikit.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  iKeyMonitor : Aplikasi Penyadap Media Sosial Terlengkap, Bisa Cek Lokasi HP

3. Perhitungkan Laba Rugi dari Transaksi Saham

Di dunia pasar modal, ada banyak perusahaan yang menjual saham per lembarnya hanya seharga Rp50. Artinya, jika kamu membeli 1 lot (100 saham), kamu hanya perlu mengeluarkan Rp 5.000. Namun ada juga saham dengan nilai Rp 3.000.000 per saham per lot.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Lowongan Kerja di Bank BNI Untuk Lulusan S1 dan S2

Bagi investor pemula disarankan membeli saham murah atau sesuai kapasitas. Jangan memaksakan diri untuk membeli saham mahal demi mengejar keuntungan besar. Terapkan prinsip profit 1% dari uang yang kamu keluarkan untuk membeli saham.

Misalnya, uang yang kamu keluarkan untuk membeli saham adalah Rp.3.000.000, untuk keuntungan 1% adalah Rp. 30.000. Jika kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 10% setiap kali harga saham naik, kamu bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 300.000.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Teknik Menabung Saham untuk Pemula Walau Gaji UMP

4. Pilih Saham Perusahaan yang Kredibel

Bingung memilih saham perusahaan, jangan khawatir, kamu bisa memilih saham-saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30. Perusahaan yang terdaftar dijamin dan memiliki latar belakang yang baik.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  5 Cara Mudah Menjadi Dropshipper Tokopedia yang Sukses

Untuk mengurangi risiko kehilangan modal, pilihlah perusahaan yang dikenal publik, produk yang laris di pasar, manajemen yang transparan, dan utang yang lebih sedikit.

Selain memilih saham perusahaan yang terdaftar di BEI, sebelum memulai transaksi, ada baiknya membaca portofolio perusahaan yang akan dipilih dengan mempertimbangkan reputasi perusahaan dan pemiliknya, volatilitas saham, serta sama bagusnya. Laporan keuangan dan fundamental.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  6 Perbedaan Utama Trading Forex dengan Saham

5. Perhatikan Fluktuasi Saham

Perlu dicatat bahwa harga saham setiap perusahaan berfluktuasi atau bergerak naik turun setiap saat, bahkan dalam hitungan detik. Semakin tinggi permintaan, semakin tinggi harga sahamnya, dan sebaliknya.

Untuk mengurangi risiko penurunan harga saham secara tiba-tiba, sebaiknya hindari saham yang tercatat dalam daftar Unusual Market Activity (UMA) atau saham dengan volatilitas harga yang tidak normal. kamu bisa mengecek saham-saham yang tercatat di UMA di website resmi BEI.

Artikel lain yang cukup menarik untuk kamu simak adalah  Inilah 10 Sepatu Olahraga Termahal di Dunia, Ada yang Harganya 8.8 Miliar Rupiah

Kesimpulan

Investasi saham sangatlah menggiurkan ketika mendapatkan keuntungan yang singkat. Namun yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus pelajari tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk memulai berinvestasi saham.

Mulailah dengan modal yang kecil, namun harus ditekuni dan tetap konsisten agar mendapatkan ilmu yang lebih dalam untuk berinvestasi saham.